Breaking News:

Metro

DPRD Minta Lelang Jabatan Pimpinan Tinggi di Metro Lampung Tidak Asal-asalan

Komisi I DPRD Metro meminta seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama mencari kualitas. Selain itu harus inovatif dan tidak alergi kritik.

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: Hanif Mustafa
Tribunlampung.co.id / Indra Simanjutak
Sekretaris Komisi I DPRD Metro Amrullah. Komisi I DPRD Metro meminta seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama mencari kualitas. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Komisi I DPRD Metro meminta seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama betul-betul mencari kualitas yang sesuai dengan kompetensi bukan asal-asalan.

"Pertama tentu cepat beradaptasi. Tentunya yang mengenal wilayah dengan baik. Memang seleksi ini kan terbuka untuk seluruh ASN dari manapun, cuma kalau ada yang dari Metro itu kan nilai plus. Karena nggak perlu lagi adaptasi wilayah," tukas Sekretaris Komisi I Amrullah, Kamis (9/12/2021).

Selain itu, calon Kepala Dinas harus inovatif dan tidak alergi kritik.

Karena saat ini zaman sudah berubah.

Di mana masyarakat sangat aktif, sehingga pejabat harus betul-betul profesional dan mampu bekerja dengan cepat dan tepat.

Baca juga: Siapkan Lulusan Tersertifikasi, Fakultas Teknik UM Metro Laksanakan Training dan Uji Kompetensi

"Makanya jangan sampai pejabat yang ditempatkan nantinya tidak sesuai kemampuan yang dimilikinya. Ini bukan hanya akan dapat menimbulkan masalah, tapi juga memperlambat kinerja pemerintah dan kinerja kepala daerah," ujarnya.

Karena itu, Komisi I meminta proses open bidding betul-betul dilakukan sesuai mekanisme.

Serta transparan dan tak hanya melibatkan akademisi sebagai panitia seleksi (pansel), tapi juga media massa sebagai acuan rekam jejak para calon.

"Rekam jejak itu kan penting. Apalagi tujuan lelang jabatan ini kan ingin menghasilkan pemimpin OPD yang berkualitas dan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Makanya perlu melibatkan pihak luar," imbuhnya.

Adapun lima jabatan pimpinan tinggi pratama yang dilelang adalah Direktur RSUD Ahmad Yani, Staf Ahli Bidang 1, Kepala Dishub, Kepala Bappeda dan Kepala Diskominfo. ( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjutak ) 

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved