Breaking News:

Tulangbawang

Bupati Winarti Buka Festival UMKM di Tulangbawang Lampung 

Bupati Tulangbawang Winarti membuka estival usaha ekonomi kreatif di lapangan Ethanol Unit II Kecamatan Banjar Agung.

Penulis: Endra Zulkarnain | Editor: Reny Fitriani
Tribunlampung.co.id/Endra Zulkarnain
Bupati Tulangbawang Winarti memukul gong tanda dibukanya festival UMKM, Rabu (15/12) 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Bupati Tulangbawang Winarti membuka estival usaha ekonomi kreatif di lapangan Ethanol Unit II Kecamatan Banjar Agung, Rabu (15/12/2021).

Festival ini turut dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung, Syamsurizal, mewakili Gubernur Arinal Djunaidi, perwakilan beberapa kepala daerah Kabupaten tetangga, Formkopimda, dan pejabat teras Pemkab Tulangbawang.

Festival ini merupakan pameran produk-produk UMKM dan produk-produk kreativitas lokal.

Diikuti lembaga perbankan (PT. Mandiri Persero, PT Bank Negara Indonesia, PT. Bank Rakyat Indonesia); beberapa pelaku usaha pembiayaan kendaraan bermotor seperti Honda, Yamaha, Suzuki; serta seluruh stakeholders yang ada di Kabupaten Tulangbawang.

Bupati Winarti mengatakan, pemberdayaan UMKM merupakan motor penggerak ekonomi kerakyatan.

Ini tidak lain adalah karena sektor ini mampu menyerap tenaga kerja cukup banyak serta memberikan sumbangsih yang cukup besar terhadap perekonomian daerah. 

Eksistensi UMKM, kata dia, memang tidak dapat diragukan lagi karena terbukti mampu bertahan dan menjadi roda penggerak ekonomi.

"Selama ini UMKM menghadapi banyak sekali permasalahan, yaitu terbatasnya modal kerja, Sumber Daya Manusia yang rendah, dan minimnya penguasaan ilmu pengetahuan serta teknologi. Festival ini bertujuan untuk menggairahkan kembali UMKM masyarakat," kata Winarti.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Yusrizal mengatakan, festival ini bentuk memperkokoh fundamental perekonomian serta mendorong pemerintah untuk terus memberdayakan pelaku UMKM.

Menurut dia, saat ini UMKM dianggap sebagai salah satu motor penggerak perekonomian masyarakat karena mampu menyerap tenaga kerja yang cukup banyak.

Baca juga: Kepala Kampung di Rawajitu Tulangbawang Lampung Diimbau Data Warga yang Belum Vaksinasi

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved