Breaking News:

Lampung Barat

Ditandai Pemukulan Gamolan Pekhing, Bupati Lampung Barat Buka Festival Nyambai 2021

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus membuka acara Festival Nyambai 2021 di Taman Kota Liwa Berbunga, Kelurahan Pasar Liwa, Balik Bukit, Lampung Barat

Penulis: Nanda Yustizar Ramdani | Editor: soni
dokumentasi
Ditandai Pemukulan Gamolan Pekhing, Bupati Lampung Barat Buka Festival Nyambai 2021 

 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG BARAT - Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus membuka acara Festival Nyambai 2021 di Taman Kota Liwa Berbunga, Kelurahan Pasar Liwa, Balik Bukit, Lampung Barat pada Selasa (21/12/2021).


Pembukaan Festival Nyambai 2021 ditandai dengan pemukulan Gamolan Pekhing oleh Bupati Parosil Mabsus, Wakil Bupati Mad Hasnurin, dan Unsur Forkopimda Lampung Barat.


Festival Nyambai 2021 diselenggarakan oleh Sanggar Seni Setiwang Lampung Barat.


"Saat ini seni dan budaya asli Lampung yaitu nyambai yang pada tahun-tahun lalu sudah hampir dilupakan oleh generasi muda maupun ibu-ibu di Kabupaten Lampung Barat, alhamdulillah kini tradisi nyambai sudah kembali hidup di pekon-pekon," ujar Parosil dalam pidatonya.


Parosil mengaku, merasa bangga terhadap masyarakat Lampung Barat khususnya kaum ibu yang begitu bersemangat dalam melestarikan budaya tersebut.

Baca juga: Parosil Mabsus Paparkan Pencapaian Pitu Program di Lampung Barat


"Hal ini tentu patut kita dukung agar kita dan anak cucu kita tidak kehilangan akar budaya dan identitasnya di tengah perkembangan masyarakat yang demikian cepatnya," kata dia.


Bupati yang kerap disapa Pakcik itu menilai, sebagimana mestinya sebuah kesenian, Nyambai yang termasuk kesenian Lampung Barat juga tidak lepas dari hakikat seni dan budaya itu sendiri.


"Yakni proses kreatif yang terus menerus dan menghasilkan harmoni atau keindahan antara bunyi, gerak tubuh, dan lembaran-lembaran tulisan," jelas Pakcik.


"Artinya, seni dan budaya termasuk nyambai juga bertumpu pada keindahan," tambahnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved