Breaking News:

Mesuji

Dinas Perikanan Mesuji Lampung Kembangan Pembibitan Ikan Gabus

Dinas Perikanan Kabupaten Mesuji berhasil mengembangbiakan ikan gabus dengan teknis semi alami atau pemijahan buatan.

Penulis: M Rangga Yusuf | Editor: Dedi Sutomo
Tribunlampung.co.id / M Rangga Yusuf
Dinas Perikanan Mesuji mengembangkan pembibitan ikan gabus dengan teknis pemijahan buatan dan semi alami. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI – Dinas Perikanan Kabupaten Mesuji berhasil mengembangbiakan ikan gabus dengan teknis semi alami atau pemijahan buatan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mesuji Ripriyanto mengatakan, bahwa pertama kali proses pemijahan dengan sistem semi alami ini berhasil dilakukan.

"Proses memijah ini baru pertama kalinya berhasil dilakukan dengan cara menyuntik. Jadi sistem alami itu adalah menyuntikkan ikan gabus untuk menambah hormon agar nantinya ikan gabus dapat memijah," ujarnya, Rabu (22/12/2021).

Dikatakannya, indukan yang berhasil dipijahkan sebanyak enam pasang. Untuk satu indukan   menghasilkan 5-10 ribu anakan dari tetasan telur ikan gabus.

Untuk satu indukan ikan gabus di Balai Benih Ikan Lokal Kabupaten Mesuji sendiri bisa menghasilkan 5 ribu anakan ikan gabus.

Baca juga: 25 Warga Binaan Lapas Kelas IIB Way Kanan Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Lele

"Sebab, indukan ikan gabus di Balai Benih sendiri ukurannya 0,5 kilogram. Kalau berat indukan ikan gabus 1 kilogram bisa mencapai 10 ribu benih ikan gabus," kata Ripriyanto.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya terus mengoptimalkan budidaya ikan gabus, mengingat ikan gabus saat ini miliki nilai ekonomi yang tinggi.

"Kita saat ini lagi terus belajar untuk memjiah. Nah anakan ini sedang kita besarkan kalau ada Kelompok Budidaya ikan (Pokdakan) minta bisa kita kasih, dan diharapkan juga bisa mengembangkan ikan gabus," jelasnya.

Pantauan tribunlampung di Balai Benih Ikan Lokal yang berada di Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji, terdapat 6 kolam yang diisi satu pasang indukan ikan gabus.

(Tribunlampung.co.id /M Rangga Yusuf)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved