Breaking News:

Muktamar NU

Muktamar NU 2021, Presiden Jokowi Sebut Metaverse saat Pembukaan Muktamar NU

residen Republik Indonesia (RI) Joko Widodo mengingatkan warga Nahdliyin akan adanya perubahan peradaban dunia dengan hadirnya metaverse.

Penulis: Virginia Swastika | Editor: Dedi Sutomo
Facebook Tribun Lampung
Ilustrasi Presiden Joko Widodo. Muktamar NU 2021, Presiden Jokowi Sebut Metaverse saat Pembukaan Muktamar NU. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo mengingatkan warga Nahdliyin akan adanya perubahan peradaban dunia dengan hadirnya metaverse.

Menurut Presiden Jokowi, dirinya lima tahun lalu bertemu dengan pemilik Facebook Marck Zuckerberg. Saat itu dirinya diajak bermain pingpong, tapi tidak ada bola pingpongnya, tidak ada meja pimpongnya.

Saat itu dirinya dan Mark Zuckerberg menggunakan kacamata oculus dan bermain pinpong bersama.

“Sama kayak main pingpong 100 persen, keringatan juga. Dan dia membisikan kepada saya 'Presiden Jokowi ini baru awal,” ungkap Jokowi saat memberikan sambutan pada pembukaan Muktamar ke-34 NU di Pondok Pesantren Darussa’adah, Lampung Tengah, hari ini, Rabu (22/12/2021).

“Nantinya semuanya akan virtual, semuanya akan muncul yang namanya metaverse'," lanjut Jokowi.

Baca juga: Buka Muktamar NU, Presiden Jokowi Cerita Main Pingpong Sama Mark Zuckerberg Tapi Tak Ada Bolanya

Jokowi  pun mengingatkan warga NU untuk berhati-hati menyikati perkembangan dunia teknologi informasi dengan artificial intelligence.

"Hati-hati menyikapi ini dan NU karena di dalamnya temanya berkidhmat di dalam peradaban dunia, hati-hati memang peradaban itu memang harus kita pengaruhi agar kemaslahatan bagi umat manusia di seluruh dunia, khususnya di negara kita Indonesia," kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi juga mengimbau agar masyarakat dapat bersiap dalam menghadapi kecanggihan peradaban dunia, tak terkecuali terkait dengan keberadaan metaverse.

Pasalnya, menurutnya, metaverse kelak akan mengubuah kehidupan manusia di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

"Nanti semuanya dakwah virtual, pengajian virtual, tetapi betul-betul kayak kita bertemu seperti ini, bukan seperti sekarang yang masih vi-con (video conference)."

Baca juga: Buka Muktamar NU 2021, Presiden Jokowi Ungkap Pertemuannya dengan Mark Zuckerberg

Halaman
1234
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved