Breaking News:

Pringsewu

25 Hektare Sawah di Pringsewu Sempat Terendam Banjir, 5 Hektare Sudah Ditanami Padi

Petani Pringsewu dihantui oleh cuaca yang ektrem mengakibatkan sawah terendam banjir.

Penulis: Bayu Saputra | Editor: Reny Fitriani
Tribunlampung.co.id/Bayu Saputra
Sartimin, petani Pringsewu saat ditemui Tribun Lampung, Rabu (29/12/2021) diareal swahnya didekat restart area Pringsewu. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Petani Pringsewu dihantui oleh cuaca yang ektrem mengakibatkan sawah terendam banjir

Akibat curah hujan yang lebat beberapa hari terakhir diprediksi 25 hektare dari luasan 13.928 hektare pesawahan di Kabupaten Pringsewu terendam air hujan. 

Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu Dwiyanto Sulistiono mewakili Kadis Pertanian Siti Lita Wati mengatakan dari 25 hektare tersebut diantaranya 20 hektare belum ditanami padi dan 5 hektare sudah ditanami padi. 

Ada 20 hektare yang belum ditanami padi itu berada di daerah Wates dan 5 hektare sawah yang sudah ditanami benih padi itu di Gading Rejo dan di Kecamatan Pringsewu

"Jadi memang ada yang baru semai karena sekarang sudah surut, tapi kalau 4 hari lamanya terendam air maka busuk benih padi tersebut," kata Dwiyanto.

Wilayah potensi paling lama banjir yakni Ambarawa Timur dan saat ini mereka belum melaporkan ke petugas.

"Kita sudah informasikan kepada penyuluh dan saspras juga untuk disediakan ganti asuransi usaha tani padi (AUTP) dan kompensasi juga diusulkan klaim. Ada juga stok cadangan benih dearah dan Dinas Pertanian bisa membantu benihnya saja untuk penggantian benih," paparnya. 

Sementara, untuk stok benih daerah Kabupaten Pringsewu yang disediakan ada sekitar 600 kg untuk semua petani di Pringsewu

Memang yang riskan itu daerah Ambarawa Timur dan juga daerah Parirejo dan bisa langsung klaim ke AUTP dan ini cuma stimulan saja. 

"Luas tanam ditargetkan sampai dengan akhir tahun mencapai 8.000 hektare tapi kendalanya hujan dan menyebabkan kebanjiran disawah, " kata Dwiyanto.

Baca juga: Tidak Ada Kasus Baru Covid-19 di Pringsewu, Warga Tetap Diimbau Taat Prokes

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved