Breaking News:

Bandar Lampung

Pemprov Lampung Akan Bantu Benih Padi Pada Petani yang Gagal Panen

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, telah menyiapkan bantuan untuk para petani padi yang gagal panen akibat cuaca ekstrem.

Penulis: kiki adipratama | Editor: Hanif Mustafa
Tribunlampung.co.id / Kiki Adipratama
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung, Kusnardi. Pemprov Lampung siapkan bantuan untuk para petani padi yang gagal panen akibat cuaca ekstrem. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, telah menyiapkan bantuan untuk para petani padi yang gagal panen akibat cuaca ekstrem.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung, Kusnardi, mengatakan pihaknya telah menyiapkan bantuan bagi petani yang gagal panen akibat terendam banjir maupun kekeringan. 

"Sawah yang gagal panen sudah jelas ada bantuan, kita siapkan asuransi yang kedua bantuan cadangan berupa benih. Itu penanganan yang paling cepat," kata Kusnardi kepada awak media, Kamis (29/12/2021).

Kendati demikian, kata Kusnardi, pihaknya meminta petani di Lampung untuk dapat mengikutsertakan tanaman padi mereka kedalam Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

Menurutnya, petani yang tergabung dalam AUTP akan langsung diberikan penanganan.

Baca juga: Bupati Tanggamus Lampung Panen Perdana Padi Organik Hasil Pendampingan IPB

"Kita juga terus imbau kepada petani untuk tergabung kedalam AUTP. Kita tergetkan semua petani di 15 kabupaten/kota bisa tergabung. Kita terus lakukan sosialisasi," kata Kusnardi.

"Kalau ada yang rusak jelas kita perbaiki karena itu kewajiban pemerintah. Kita lihat ini kewajiban siapa kalau dia primer atau sekunder itu pusat kalau tersier kuarter itu pemerintah kabupaten/kota atau provinsi," imbuh Kusnardi.

Terkait berapa jumlah sawah yang sudah diberi bantuan akibat gagal panen dalam tiga bulan terakhir, Kusnardi mengaku sudah ada beberapa.

"Sudah ada beberapa, tapi nanti ya," kata Kusnardi.

( Tribunlampung.co.id / Kiki Adipratama )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved