Breaking News:

Tulangbawang

Sempat Tertunda, Tahapan Pilkakam di Tulangbawang Lampung Kembali Dimulai Januari 2022

Setelah sempat tertunda, Pemkab Tulangbawang memastikan proses pemilihan kepala kampung (Pilkakam) serentak di mulai Januari tahun 2022.

Penulis: Endra Zulkarnain | Editor: Hanif Mustafa
Tribunlampung.co.id / Endra Zulkarnain
Kabag Tata Pemerintahan Kabupaten Tulangbawang, Ivan Septianto. Pemkab Tulangbawang memastikan proses pemilihan kepala kampung (Pilkakam) serentak di mulai Januari tahun 2022. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG -- Setelah sempat tertunda, Pemkab Tulangbawang memastikan proses pemilihan kepala kampung (Pilkakam) serentak di mulai Januari tahun 2022.

Kepastian itu, berdasarkan keputusan Bupati Tulangbawang nomor: B/550/I.1/HK/TB/2021 tentang jadwal dan tahapan pemilihan kepala kampung tahun 2022.

Kabag Tata Pemerintahan Kabupaten Tulangbawang, Ivan Septianto, mengatakan sebelumnya Pilkakam serentak seyogyanya digelar pada tahun 2021.

Namun, terdapat pertimbangan dari pemerintah daerah untuk menunda pelaksanaan, karena berkaitan dengan wabah pandemi Covid-19 yang kasusnya sempat meningkat.

Penundaan Pilkakam serentak di Tuba juga didasari tingkat serbuan vaksinasi di daerah setempat yang dinilai masih rendah.

Baca juga: Capaian Vaksin Rendah, Bendera Tengkorak Beralih ke Satpolair Tulangbawang Lampung

Sedangkan dalam proses Pilkakam, kerumunan sulit dihindari mulai dari pengambilan nomor urut, kampanye calon, dan pemungutan suara. 

"Pertimbangan pelaksanaan tahapan Pilkakam kembali kami mulai di Januari 2022, karena saat ini tingkat vaksinasi Kabupaten Tulangbawang sudah lebih dari 70 persen," kata Ivan, Kamis (30/12).

Ia menuturkan, Pilkakam serentak akan digelar di 48 kampung yang tersebar di 14 kecamatan. 

Tahapan awal, kata dia, di mulai 3 Januari 2022 dengan membentuk panitia pemilihan di setiap kampung. 

"Tahapannya di mulai awal Januari, kalau hari pencoblosan atau pemilihan akan berlangsung 17 Maret 2022," paparnya.

Baca juga: Oknum Tenaga Honorer Diamankan Polres Tulangbawang, Kedapatan Gunakan Narkoba Jenis Sabu

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved