Breaking News:

Pringsewu

Anak Usia 12 Tahun di Pringsewu Sudah Bisa Daftar Haji

Dengan ketentuan yang ada, kata Ahmad Rifa'i, anak-anak tersebut bisa menjalani ibadah haji terhitung 22 tahun sejak pendaftaran dilakukan.

Tribunlampung.co.id / V Soma
Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-76 di Pringsewu, Senin (3/1/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Kabupaten Pringsewu mulai memfokuskan upaya stabilisasi kerukunan umat beragama (KUB) melalui penduduk generasi Post Gen Z atau anak-anak dengan tahun kelahiran 2013 ke atas.

Anak-anak pada generasi tersebut dinilai mampu menjadi pionir moderasi beragama yang adaptif dengan konteks revolusi industri 5.0.

Guna membekali hal tersebut, pemerintah mendorong agar setiap penduduknya, dalam konteks orang tua dengan kepercayaan Islam, untuk mendaftarkan anaknya untuk berhaji sejak dini.

"Mewujudkan haji milenial guna peningkatan moderasi beragama," kata Bupati Pringsewu Sujadi saat memimpin upacara peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-76, Senin (3/1/2021).

Baca juga: Datang ke Rumah Haji Faisal, Sunan Kalijaga: Kita Bersilaturahmi untuk Kepentingan Gala

Menurutnya, indeks KUB di Pringsewu saat ini masih dalam keadaan baik.

Hal tersebut dinilainya dengan melihat nihilnya kasus perselisihan antar masing-masingnya pemeluk kepercayaan.

"Terlebih, saat ini Pringsewu sudah memiliki Saung Kerukunan Umat Beragama di Pekan Waringinsari Timur, yang menjadi saung kerukunan pertama di Indonesia," kata dia.

Upaya peningkatan moderasi umat beragama itu dicanangkan dengan kolaborasi langsung bersama kantor wilayah kementerian agama kabupaten setempat.

Dimana, anak dengan minimal usia 12 tahun telah diperbolehkan untuk mendaftar sebagai jamaah haji.

"Mulai usia anak, saat ini sudah bisa mendaftarkan diri untuk pergi pergi haji, yakni minimal umur 12 tahun," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu Ahmad Rifa'i saat diwawancarai di kantornya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved