Breaking News:

Lampung Selatan

153 Ha Sawah di Lamsel Dipastikan Gagal Tanam, Terparah di Desa Way Gelam Candipuro

Sebanyak 153 hektare sawah di Lampung Selatan dipastikan gagal tanam, terparah berada di Desa Way Gelam, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan.

Penulis: Dominius Desmantri Barus | Editor: soni
Tribunlampung.co.id/Dedi Sutomo
Ilustrasi sawah di Lampung Selatan. Tingginya curah hujan sepekan terakhir, membuat ratusan hektar sawah di wilayah Lampung Selatan terendam banjir. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN - Sebanyak 153 hektare sawah di Lampung Selatan dipastikan gagal tanam. Kondisi terparah berada di Desa Way Gelam, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Eka Saputra mengatakan, sebanyak 153 hektare sawah yang dipastikan gagal tanam akibat cuaca buruk yang terjadi beberapa hari ini.

"Data yang masuk ke kami sekitar 153 hektare yang terendam banjir. Dengan rincian di Desa Way Gelam Kecamatan Candipuro seluas 133 hektare. Kemudian di Desa Pulau Jaya Kecamatan Palas seluas 20 hektare," kata Eka, pada Selasa (4/1/2022).

"Gagal tanam tersebut terjadi akibat cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari ini. Hujan deras disertai angin kencang. Menyebabkan beberapa desa banjir beberapa waktu lalu," jelasnya.

Eka menjelaskan, tanaman padi itu mengalami gagal tanam lantaran air yang merendam areal persawahan tidak kunjung surut.

"Karena air yang merendam areal persawahan tidak kunjung surut. Butuh 5-7 hari supaya air kembali surut," jelasnya.

"Saat ini, usia tanaman yang mengalami gagal tanam itu baru berumur 1 sampai 15 hari setelah tanam. Umur tanaman 1-15 hari setelah tanam," jelasnya

Baca juga: Pemprov Lampung Akan Bantu Benih Padi Pada Petani yang Gagal Panen

Eka mengatakan, pihaknya masih berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi supaya para petani yang mengalami gagal tanam itu mendapat bantun benih.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi supaya para petani yang mengalami gagal tanam itu mendapat bantun benih," pungkasnya.

( Tribunlampung.co.id / Dominius Desmantri Barus )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved