Breaking News:

Kesehatan

Halo Dokter, Cara Mengatasi Kulit Wajah Sensitif

Kulit wajah yang sensitif adalah salah satu permasalahan kulit wajah yang sering dialami oleh semua orang. , beberapa orang yang mengalami kulit wajah

Penulis: Jelita Dini Kinanti | Editor: Hanif Mustafa
Dokumen dr Carmelita Christina
dr Carmelita Christina dari Limonia Beauty Center. Halo Dokter, bagaimana cara mengatasi kulit wajah sensitif. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Kulit wajah yang sensitif adalah salah satu permasalahan kulit wajah yang sering dialami oleh semua orang. 

dr Carmelita Christina dari Limonia Beauty Center mengatakan, beberapa orang yang mengalami kulit wajah sensitif bingung bagaimana cara merawatnya.

"Sebenarnya perawatan kulit wajah yang sensitif sama dengan perawatan kulit wajah lain, yakni dengan skincare dan treatment. Hanya saja skincare dan treatment kulit wajah sensitif berbeda," kata dr Carmelita. 

Kalau bingung memilih skincare untuk kulit wajah sensitif ada baiknya konsultasi ke dokter di klinik kecantikan. Namun secara garis besar pemilik kulit wajah sensitif harus memilih skincare yang tidak bersifat iritatif

Salah satu rangkaian skincare itu harus ada pelembab dan sunscreen. Pilih physical sunscren yakni sunscreen yang memantulkan sinar UV. Jangan pilih chemical sunscreen, yakni sunscreen yang menyerap sinar UV lalu menyerap panas akibat sinar UV itu, kemudian baru panas dirilis oleh tubuh. 

Baca juga: Halo Dokter, Apa Itu Hiperhidrosis?

Sunscreen untuk kulit wajah sensitif maupun tidak sensitif, jangan dipakai satu kali saja. Tapi harus diulang. Misal setelah sholat diulang lagi pemakaian sunscreennya. 

Selain itu, kulit wajah sensitif bisa juga melakukan treatment. Tapi sebelum treatment, harus dilihat dulu bagaimana kondisi kulit wajahnya. Kalau sedang iritasi, tidak disarankan treatment sampai iritasinya hilang.

Tak hanya itu, pemilik kulit wajah sensitif jangan mencuci wajah terlalu sering, cukup maksimal tiga kali sehari. Selain itu jangan mandi terlalu lama. Usahakan lamanya mandi maksimal 10 menit. 

Selain kulit wajah, kulit tubuh bagian lain juga bisa sensitif. Kulit sensitif adalah suatu keadaan dimana kulit menjadi gampang iritasi ketika terekspose atau terpapar sesuatu. 

Ciri-ciri kulit sensitif adalah kulit terasa gatal, panas, sangat kering seperti ditarik, kemerahan, dan terkelupas. Bahkan ada yang sampai muncul papul.

Baca juga: Halo Dokter, Apa Itu Usus Buntu dan Gejala yang Kerap Dirasakan Bagi Penderitanya

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved