Breaking News:

Bandar Lampung

Hindari E-KTP Palsu, Disdukcapil Lampung Tawarkan Kerjasama Dengan Perusahaan Kredit

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Lampung tawarkan kerjasama dengan perusahaan kredit (finance).

Penulis: Bayu Saputra | Editor: Hanif Mustafa
Tribunlampung.co.id / Bayu Saputra
Kadisdukcapil Provinsi Lampung Achmad Saefulloh. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Lampung tawarkan kerjasama dengan perusahaan kredit (finance). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Lampung tawarkan kerjasama dengan perusahaan kredit (finance).

Menurut Kadisdukcapil Provinsi Lampung Achmad Saefulloh kerjasama ini bertujuan agar data nasabah bisa diketahui secara gamblang, mengingat kejadian adanya oknum ASN yang membuat E-KTP palsu.

"Dengan harapan agar kejadian ini tidak terjadi lagi, jadi kalau bisa kerjasama dengan kami dan akan diberikan data yang sebenar-benarnya, " kata Achmad mantan Kasatpol PP Provinsi Lampung ini, Jumat (7/1/2022). 

Achmad juga mempersilahkan pemanfaatan data E-KTP juga bisa menjalin kerjasama dengan Disdukcapil

Dengan catatan selama perusahaan finance itu berbadan hukum yang diperbolehkan sesuai Permendagri 102 tahun 2019 tentang pemberian hak akses dan pemanfaatan data kependudukan. 

Baca juga: Stok Blangko Menipis, Cetak e-KTP di Bandar Lampung Butuh Waktu 1 Bulan

"Sehingga jika ada masyarakat yang mengajukan untuk kredit lihat bisa dilihat NIK-nya, bisa tolak kalau tidak asli E-KTP," tegasnya.

"Kasus (E-KTP palsu) yang kemarin sudah ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian, dan kita serahkan ke aparat hukum, " kata Achmad.

Masih kata dia, berdasarkan kroscek yang dilakukan pihaknya terkait E-KTP palsu tidak ada kerawanan atau kebocoran data.

"Pelaku memalsukan data identitas dengan menggantikan KTP elektronik yang diganti datanya. Kroscek bisa dilihat didalam KTP elektronik itu ada chip didalamnya, dan setelah dicek ada data lain yakni pemilik data KTP elektronik tersebut," bebernya. (Tribunlampung.co.id Bayu Saputra) 

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved