Breaking News:

Kesehatan

Halo Dokter, Apa Itu Hipotiroid dan Bedanya dengan Hipertiroid

Simak apa itu hipotiroid adalah penyakit yang timbul akibat kelenjar tiroid yang tidak mampu menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah yang cukup.

Penulis: Jelita Dini Kinanti | Editor: Hanif Mustafa
Halo Dokter, Apa Itu Hipotiroid dan Bedanya dengan Hipertiroid
Tribun Lampung TV
dr Andi Siswandi, Sp.B dari Rumah Sakit DKT. Halo Dokter, apa itu hipotiroid.

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Hipotiroid adalah penyakit yang timbul akibat kelenjar tiroid yang tidak mampu menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah yang cukup.

dr Andi Siswandi, Sp.B dari Rumah Sakit DKT mengatakan, hingga saat ini penyebab hipotiroid tidak diketahui secara pasti. Tahu-tahu mengalami hipotiroid.

Adapun gejala hipotiroid diantaranya adalah sering merasa lemas, mudah merasa lelah, berat badan naik tanpa penyebab yang jelas, suara serak, lebih sensitif pada cuaca dingin, dan bisa ada benjolan atau tidak ada benjolan pada lehernya. 

Jika seseorang mengalami hipotiroid, maka harus minum obat seumur hidupnya, untuk menggantikan hormon tiroidnya yang tidak bisa dihasilkan dengan cukup oleh kelenjar tiroid.

Hipotiroid berbeda dengan hipertiroid. dr Andi mengatakan, hipertiroid adalah penyakit yang timbul akibat hormon tiroid terlalu tinggi. 

Baca juga: Halo Dokter, Cara Mengatasi Kulit Wajah Sensitif

"Penyebab hipertiroid sampai saat ini tidak diketahui secara pasti. Tahu-tahu terkena hipertiroid," kata dr Andi

Adapun gejala hipertiroid yang paling khas adalah matanya menonjol atau melotot. Kebanyakan orang yang mengalami hipertiroid akan merasakan gejala ini.

Mata menonjol inilah yang sering dibilang orang-orang kalau matanya seperti mau keluar. Selain mata menonjol, ada gejala lain berupa tangannya tremor.

"Tangan tremor adalah tangannya gemetar terus. Padahal normalnya tangan diam saja dan tidak bergerak, kecuali sengaja digerakan," kata dr Andi Siswandi.

Selain itu juga ada gejala berupa jantungnya berdebar. Namun jantungnya berdebar bukan karena ketakutan, cemas, atau kelelahan. 

Baca juga: Halo Dokter, Ciri-ciri Kulit Sensitif dan Penyebabnya

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved