Breaking News:

Lampung Selatan

Disdukcapil Lampung Selatan Luncurkan Pak Kiamat, Permudah Masyarakat Urus Akte Kematian

Disdukcapil Lampung Selatan meluncurkan program Pelayanan Akte Kematian Kirim Antar Alamat atau Pak Kiamat.

Tribunlampung.co.id/Dominius Desmantri Barus
Kadisdukcapil Lampung Selatan Edy Firnandi. Disdukcapil Lampung Selatan luncurkan program Pak Kiamat. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Selatan terus berinovasi untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dalam memperoleh dokumen administrasi kependudukan.

Terbaru, pihak Disdukcapil Lampung Selatan meluncurkan program Pelayanan Akte Kematian Kirim Antar Alamat atau Pak Kiamat.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Lampung Selatan Edy Firnandi menjelaskan, layanan Pak Kiamat itu baru saja dilaksanakan pada awal tahun ini, dan mendapat respon cukup baik.

"Alhamdulillah, sudah berjalan awal tahun ini. Ini untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen akte kematian," kata Edy, Senin (10/1/2022).

Edy menjelaskan untuk mengurus itu, masyarakat cukup mengirim foto surat keterangan kematian dari desa yang ditandatangani kepala desa atau surat keterangan dari rumah sakit dan kartu keluarga (KK).

Syarat itu dikirim ke nomor layanan di Aplikasi What'sapp 0812-7297-5173.

"Cara kerjanya begitu. Tinggal kirim foto surat keterangan kematian dan KK ke nomor layanan Pak Kiamat dan akan diproses paling tidak selama 3 hari," kata Edy.

"Lalu dikirim melalui jasa pengiriman barang ke alamat si pemohon. Tidak dipungut biaya. Artinya, pemohon tidak perlu datang ke kantor atau pemohon bisa memproses itu dari rumah," jelasnya

Menurutnya, tingkat kesadaran masyarakat terbilang cukup rendah untuk membuat akte kematian tersebut.

"Bahkan, dari dokumen yang lain. Tingkat kesadarannya hanya sekitar 50 persen. Oleh sebab itu, kami terus berinovasi demi mempermudah pelayanan bagi masyarakat," katanya.

"Pola pikirinya begitu. Butuh baru mau memperoses. Contoh mau mengurus warisan, taspen atau hendak melamar menjadi anggota TNI/Polri. Baru datang mau membuat akte kematian. Makanya kami buat beberapa program agar menumbuhkan tingkat kesadaran masyarakat," pungkasnya.

(Tribunlampung.co.id/ Dominius Desmantri Barus)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved