Breaking News:

Bandar Lampung

Kasus Dugaan Korupsi di KONI Lampung, Kejati Lampung Naikkan Status dari Penyelidikan ke Penyidikan

ejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung menaikan status penanganan perkara korupsi di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung jadi penyidikan.

Penulis: joeviter muhammad | Editor: Dedi Sutomo
Tribunlampung.co.id / Joeviter Muhammad
Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung menaikan status penanganan perkara korupsi di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung dari penyelidikan ke tahap penyidikan. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung menaikan status penanganan perkara korupsi di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung dari penyelidikan ke tahap penyidikan.

Hal tersebut diungkapkan Kajati Lampung Heffinur, dalam konferensi pers yang digelar Rabu (12/1/2022).

Heffinur mengungkap, penyelidikan yang dilakukan pihaknya selama beberapa bulan terakhir menemukan beberapa fakta dalam perkara tersebut.

Pertama, kata Heffinur, program kerja dan anggaran KONI Lampung untuk pengajuan anggaran hibah tidak disusun berdasarkan usulan kebutuhan KONI dan cabor.

"Pengajuan kebutuhan program kerja dan anggaran tahun 2020 tidak berpedoman kepada pengajuan kebutuhan dan anggaran awal hibah KONI, sehingga penggunaan dana hibah diduga telah terjadi penyimpangan," ujar Heffinur.

Baca juga: Siswa Diminta Filter Informasi dan Tingkatkan Wawasan Kebangsaan untuk Hindari Hoax

Lalu kedua, ditemukan adanya program kerja dan anggaran KONI dan cabor. Heffinur menjelaskan, artinya permasalahan bukan hanya di KONI saja tapi cabor cabor terkait.

Menurutnya, pengadaan barang dan jasa tidak berdasarkan peraturan perundang-undangan serta ditemukan adanya penyimpangan dalam pengadaan barang dan jasa baik di KONI dan cabor.

"Juga ditemukan penggunaan anggaran dari KONI dan cabor tidak didukung bukti-bukti yang sah," kata Heffinur.

Dari beberapa fakta yang ditemukan dalam proses penyelidikan tersebut, maka Kejati Lampung menaikan status penyelidikan ke tahap penyidikan umum.

Namun Kejati belum dapat menyebutkan siapa saja orang yang terlibat dalam perkara tindak pidana korupsi tersebut.

Baca juga: Polres Lampung Selatan Amankan Terduga Pelaku yang Menjual Anak di Bawah Umur, Diamankan di Riau

Halaman
123
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved