Breaking News:

Mesuji

5 Desa di Mesuji Masuk Kategori Smart Village

Desa yang masuk dalam kategori desa smart village adalah desa yang dapat melayani dengan optimal semua bentuk pelayanan administrasi masyarakat.

Penulis: M Rangga Yusuf | Editor: Daniel Tri Hardanto
Tribunlampung.co.id / Rangga Yusuf
Kepala Bidang Kelembagaan dan Ekonomi Desa DPMD Mesuji Rahmatullah. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mesuji menyebut ada lima desa yang masuk locus desa smart village.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Bidang Kelembagaan dan Ekonomi Desa DPMD Mesuji Rahmatullah.

"Jadi yang masuk locus desa smart village, yakni Desa Sidang Kurnia Agung, Desa Tanjung Mas Makmur, Desa Eka Mulya, Desa Tanjung Menang, dan Desa Adi Luhur," ujarnya, mewakili Kepala DPMD Mesuji Anwar Pamuji, Jumat (14/1/2022).

Rahmatullah menjelaskan, desa yang masuk dalam kategori desa smart village adalah desa yang dapat melayani dengan optimal semua bentuk pelayanan administrasi masyarakat.

Baca juga: Puluhan Rumah dan Lahan Pertanian di Rawajitu Utara Mesuji Terendam Banjir

"Misalnya masyarakat butuh surat pengantar, nah jadi mereka tinggal menelepon operator dari rumah. Kemudian menunggu sekitar 15 sampai 10 menit sudah jadi dalam bentuk surat," imbuhnya.

Selanjutnya, kata Rahmatullah, dengan adanya desa smart village ini dapat memudahkan bentuk pelayanan ke masyarakat.

"Misalnya warga ingin memanfaatkan pelayanan administrasi sudah tak perlu lagi ke kantor desa. Jadi bisa online dan ke kantor desa hanya mengambil, misalnya bentuk surat-menyurat," jelas dia.

Kemudian, jika ingin penilaian lebih tinggi sebagai desa smart village, aparatur desa bisa saja mengantarkan ke rumah warga jika objek pelayanan itu telah rampung.

( Tribunlampung.co.id / M Rangga Yusuf )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved