Tanggamus

Polres Tanggamus Gelar Operasi Keselamatan Krakatau, Cegah Covid-19 dan Persiapan Lebaran

Tanda mulainya operasi dengan apel gelar pasukan bersama instansi terkait seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Kodim 0424 Tanggamus

Penulis: Tri Yulianto | Editor: Daniel Tri Hardanto
Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto
Polres Tanggamus gelar Operasi Keselamatan Krakatau 2022 sampai 14 Maret 2022. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Polres Tanggamus menggelar Operasi Keselamatan Krakatau 2022 cegah penularan Covid-19 dan persiapan jelang Idul Fitri 1443.

Tanda mulainya operasi dengan apel gelar pasukan bersama instansi terkait seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Kodim 0424 Tanggamus dan Basarnas.

Menurut Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi, operasi ini dalam rangka pencegahan penyebaran penularan virus Covid-19 dan kesiapan antisipasi pengamanan pelaksanaan puasa serta mudik Idul Fitri tahun 2022. 

Selain itu juga dalam penanganan permasalahan lalu lintas sebagai mana amanat UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan. 

Hal itu untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah strategis guna meningkatkan kepatuhan tersebut. 

Baca juga: Rajin Bobol Rumah, Remaja di Tanggamus Lampung Diciduk Polisi

"Operasi Keselamatan Krakatau 2022 ini akan dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari 1 sampai 14 Maret 2022 secara serentak di seluruh Indonesia," kata Satya sesuai amanat Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno.

Ia menjelaskan, tujuan Operasi Keselamatan Krakatau 2022 adalah berkurangnya angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, terciptanya Kamseltibcar Lantas yang aman dan nyaman menjelang hari raya Idul Fitri 2022. 

"Adapun sasaran pelanggaran pada Operasi Keselamatan Krakatau 2022 dengan menyesuaikan tren dan karateristik di kewilayahan," jelas Satya.

Ia minta utamakan faktor keamanan dan keselamatan dalam melaksanakan tugas, hindari perbuatan kontra produktif yang dapat merusak citra Polri. 

"Lakukan tugas operasi ini dengan baik, pedomani standar operasional prosedur yang ada dalam setiap melaksanakan tugas," kata Satya.

Sementara Kasat Lantas Polres Tanggamus AKP Amsar menambahkan, pelaksanaan tugas Operasi Keselamatan Krakatau 2022 akan mengedepankan informasi kepada masyarakat agar tetap mengedepankan tertib berlalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan. 

"Tetap kedepankan tertib berlalulintas lintas dan protokol kesehatan, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19," kata Amsar. 

Ia mengaku, dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan tidak ada penindakan, kecuali terhadap pelanggaran yang bersifat membahayakan dan fatalitas yang mengarah kepada kecelakaan. 

"Tidak ada penindakan, kecuali bonceng tiga, tidak memakai helm dan kendaraan overload," ujar Amsar. 

Ia mengimbau kepada masyarakat terus tertib berlalu lintas, memperhatikan kendaraanya, kelengkapan dan perlengkapan kendaraanya, gunakan helm, dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta protokol kesehatan.

( Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto )

Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved