Universitas Lampung

Rektor Universitas Lampung Hadiri Pelepasan Siswa Kelas XII SMA YP Unila

Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan (YP) Unila

ist
ektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan (YP) Unila, 

Tribunlampung.co.id, - Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan (YP) Unila, menghadiri acara pelepasan siswa kelas XII SMA YP Unila Bandarlampung, yang berlangsung di Ballroom Hotel Novotel, Kamis, 31 Maret 2022.

Selain Kadis Dikbud Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, M.M., acara pelepasan turut dihadiri Ketua Dewan Pengawas dan Anggota Prof. Dr. Ir. Muhajir Utomo, M.Sc., Ketua Dewan Pengurus dan Anggota Eko Raharjo, S.H., M.H., anggota Dewan Pembina YP Unila, Ketua MKKS Provinsi Lampung Hendra Putra, S.Pd., M.Pd., Ketua MKKS Kota Bandarlampung Drs. Suharto, M.Pd., Kepala SMAN 5 Dra. Hayati Nufus, M.Pd., Kepala SMA Al-Kautsar Eko Anzair, M.Pd., dan Kepala SMA YP Unila Bandarlampung Mapful, S.Pd., M.Pd.

Pada kesempatan itu Kepala SMA YP Unila Mapful, S.Pd., M.Pd, mengatakan, jumlah siswa YP Unila yang lulus tahun ini berjumlah 395 orang terdiri dari siswa jurusan IPA 260 siswa dan jurusan IPS 135 siswa. Seluruh siswa tersebut berasal dari delapan kelas IPA dan empat kelas IPS.

Mapful juga menerangkan, terdapat peningkatan pada siswa yang berhasil masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN yakni 83 orang. Rincinya, 60 siswa dari jurusan IPA dan 23 siswa dari jurusan IPS yang tersebar di tujuh perguruan tinggi negeri. Antara lain Universitas Lampung, Institut Teknologi Sumatera (Itera), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Andalas (Unand).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, M.M., pada pertemuan itu mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa YP Unila atas prestasi yang diraih.

Ia menuturkan, kesuksesan ditentukan pada diri sendiri dan harus senantiasa diiringi dengan karakter yang baik agar kelak menjadi pribadi yang mempunyai akhlak mulia.

Sulpakar berpesan, para siswa yang telah lulus agar terus mempelajari ilmu agama untuk bekal menjadi manusia yang mempunyai adab dan sopan santun mulia karena itu merupakan hal penting.

“Selamat kepada YP Unila, dewan pembina, kepala sekolah, dan guru yang telah berhasil mendidik para siswa. Semoga apa yang telah dilakukan menjadi amal ibadah bagi bapak ibu guru semua,” katanya.

Senada dengan hal itu, Prof. Karomani mengucapkan selamat kepada 83 siswa kelas XII YP Unila untuk tahun pelajaran 2021/2022 yang diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN di berbagai perguruan tinggi pilihan.

“Untuk yang belum diterima melalui jalur SNMPTN, jangan berkecil hati karena masih banyak peluang jalur lainnya, seperti SBMPTN dan jalur mandiri,” ujarnya.

Ucapan selamat juga ia sampaikan kepada pihak YP Unila atas keberhasilan yang
diraih tahun ini karena telah berhasil meningkatkan jumlah siswa yang masuk
perguruan tinggi negeri jalur SNMPTN dari sebelumnya 60 siswa, hingga tahun ini berjumlah 83 siswa.

“Itu berarti 21 persen dari 395 jumlah siswa kelas XII SMA YP Unila. Saya berharap lebih banyak lagi jumlah siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri dari jalur lainnya,” ujarnya.

Di samping prestasi akademik, siswa SMA YP Unila juga banyak meraih prestasi di bidang nonakademik. Di antaranya Juara 2 Nasional Asian Musik Games Indonesia, Juara 4 Internasional Asia Musik Games dari 22 negara finalis, serta Juara 1 Olimpiade Biologi Osamakom Unila 2021.

Masih di kegiatan yang sama, Karomani mengajak seluruh peserta yang hadir untuk bersyukur karena masih diberikan kesehatan sehingga bisa menghadiri acara pelepasan ini secara luring. Ia juga mengingatkan, untuk tetap menjaga protokol kesehatan dalam setiap aktivitas.(*)

Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved