Tarif Tol

Mudik Lebaran 2022, Update Tarif Tol Ruas Solo-Madiun

Informasi tarif tol wajib diketahui masyarakat yang akan mengakses jalan tol pada mudik lebaran tahun 2022. Salah satunya, ruas Solo-Madiun.

Kompas.com
Ilustrasi: Jalan tol Jakarta-Cikampek. 

Tribunlampung.co.id, Jakarta - Lonjakan kendaraan bakal terjadi di seluruh ruas tol Trans Jawa maupun Trans Sumatera pada musim mudik lebaran 2022.

Ini terjadi karena masyarakat yang telah dua tahun tidak mudik lebaran karena ada pembatasan dampak Covid 19, tahun ini dibolehkan untuk mudik ke kampung halaman.

Informasi terkait besaran tarif tol, wajib diketahui oleh masyarakat yang akan mengakses jalan tol pada mudik lebaran tahun ini.

Salah satunya, penyesuaian tarif tol terbaru ruas Solo-Madiun.

Penyesuaian tarif tol Solo-Madiun dapat terjadi menjelang musim mudik.

Sebab di Indonesia, perubahan biaya tol ini umum terjadi, khususnya tiap dua tahun sekali karena menyesuaikan laju inflasi saat itu.

Meski harganya terus menaik, hingga kini jalan tol masih terus menjadi andalan para pemudik lantaran mampu memangkas waktu perjalanan.

Akan tetapi dalam mengakses tol, para pengemudi harus terlebih dahulu memerhatikan tarif yang dikenakan pada setiap pintu gerbang yang akan dilalui. Selain itu, mereka juga harus memerhatikan golongan kendaraan yang digunakan.

Baca juga: Info Tarif Tol Jakarta-Palembang Terbaru 2022

Baca juga: Tarif Tol Bandung-Semarang Menjelang Mudik Lebaran 2022

Pembagian tarif tol umumnya ditentukan berdasarkan beberapa golongan kendaraan bermotor, yang kemudian dikategorikan dalam golongan I hingga VI.

Berdasarkan laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), kendaraan golongan I merupakan jenis kendaraan sedan, mobil jip, pick up atau truk kecil, dan bus, golongan II terdiri dari truk besar dengan dua gandar.

Kemudiain golongan III adalah truk besar dengan tiga gandar, golongan IV terdiri dari truk besar dengan empat gandar.

Lalu, golongan V adalah truk besar dengan lima gandar, sedangkan golongan VI terdiri dari kendaraan bermotor roda dua.

Khusus untuk golongan kendaraan tol VI ini hanya berlaku di beberapa ruas tol saja, karena tidak semua jalan tol di Indonesia tersedia untuk kendaraan roda dua.

Untuk mengakses rute tol Solo-Madiun, terdapat sejumlah ruas yang dapat dilewati, di antaranya tol Solo-Ngawi dan tol Ngawi-Kertosono.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved