Berita Lampung

Awasi Lalu Lintas Ternak, Cara Pemprov Lampung Menuju Zero Kasus PMK 

Pemerintah Provinsi Lampung akan berupaya membuat seluruh wilayah di Lampung zero kasus  penyakit mulut dan kuku, demi menuju Zona Hijau.

Penulis: kiki adipratama | Editor: soni
Tribunlampung.co.id/Deni Saputra
Ilustrasi - Dokter Hewan M Rifki Fabillah memerika sapi di daerah Sukabumi Bandar Lampung, Sabtu (21/5/2022). Pemkot Metro mendapatkan 700 dosis vaksin PMK. 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung terus mengupayakan berbagai cara demi menuju zona hijau penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan.

Pemerintah Provinsi Lampung akan berupaya membuat seluruh wilayah di Lampung zero kasus  penyakit mulut dan kuku, demi menuju zona hijau.

Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung, Lili Mawarti, mengatakan, ada beberapa hal upaya yang akan dilakukan. 

Di antaranya, melakukan potong bersyarat untuk ternak yang terpapar PMK, mempercepat cakupan vaksinasi, melakukan pengobatan dan desinfeksi kandang dan lingkungan (biosecurity yang ketat), serta pengawasan lalu lintas ternak, dan produknya.

Dia menjelaskan, berdasarkan Surat Edaran Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pengendalian Lalu Lintas Hewan Rentan PMK dan Produk Hewan Rentan PMK berbasis Zonasi tanggal 19 Juli 2022,  kabupaten/ kota zona merah adalah kabupaten/kota yang sudah tercatat ditemukan adanya kasus PMK dan berada di pulau zona merah.

Kemudian, Pulau Zona Merah adalah pulau yang wilayah administrasinya sudah mencatatkan adanya kasus PMK. 

"Berdasarkan lampiran SE tersebut, yang termasuk ke dalam Pulau Zona Merah adalah Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Bali," kata Lili, melalui keterangan tertulis, Kamis (4/8/2022).

Berdasarkan data terbaru per tanggal 3 Agustus 2022, dari 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung yang terpapar kasus PMK, sebanyak 7 Kabupaten/ Kota tidak terjadi penambahan kasus PMK (Zero Kasus).

Ketujuh kabupaten/kota tersebut di antaranya, yaitu Metro, Tulang Bawang Barat, Tulang Bawang, Mesuji, Lampung Selatan, Lampung Timur dan Bandar Lampung.

Baca juga: Disbunak Tanggamus, Lampung dan Bhabinkamtibmas Vaksinasi PMK 100 Dosis di Pekon Kanoman, Semaka

Baca juga: Lampung Timur Butuh 44.315 Vaksin PMK, Baru Terima 9.500 Dosis

Sementara itu, jelasnya, empat kabupaten lainnya saat ini masih dalam tahap penyembuhan, dengan jumlah yang belum sembuh sebanyak 169 kasus.

"Keempat kabupaten tersebut yaitu Lampung Tengah, Lampung Utara, Lampung Timur, Way Kanan," ungkapnya.

Sebelumnya, 11 kabupaten/kota di Provinsi Lampung terpapar kasus PMK.

Kesebelas Kabupaten/Kota tersebut yaitu Tulang Bawang Barat, Mesuji, Kota Metro, Pesawaran, dan Tulang Bawang.

Lainnya Lampung Timur,  Lampung Tengah, Way Kanan, Lampung Selatan, Kota Bandar Lampung, dan Lampung Utara.

( Tribunlampung.co.id / Kiki Adipratama )

Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved