Otomotif

Daihatsu Ayla Electrik Diperkenalkan di Ajang GIIAS 2022

Mobil elektrik dari kelas menengah atas sudah biasa, namun Daihatsu mengenalkan mobil listrik di kelas entry level di GIIAS 2022.

Editor: soni
Donny Dwi/Kompas.com
Daihatsu Ayla EV dipamerkan di ajang GIIAS 2022 

Tribunlampung.co.id, Jakarta - Mobil elektrik dari kelas menengah atas sudah biasa, namun Daihatsu mengenalkan mobil listrik di kelas entry level di GIIAS 2022.

Ya mereka mengenalkan Ayla Electrik atau Ayla EV di pameran mobil terbesar se Indonesia tersebut.

Pecinta otomotif dibuat penasaran dengan harga kendaraan tersebut, apakah akan sama terjangkaunya dengan Ayla bensin. Prediksi harga Ayla EV atau Ayla Electric banyak jadi pertanyaan warganet.

Sayangnya kendaraan ini masih bersifat prototype, dan belum tahu kapan akan diproduksi massal. Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor ADM Yasushi Kyoda mengatakan, Daihatsu memiliki R&D Center alias pusat litbang terbesar di Indonesia, terletak di Karawang, Jawa Barat, beroperasi sejak 2011.

"Daihatsu berkomitmen untuk mengembangkan sumber daya manusia yang kompeten dan kami sudah mengirim lebih dari 250 teknisi lokal ke Jepang untuk mempelajari teknologi baru," ujar Kyoda, dalam kata sambutannya, di ICE BSD, Kamis (11/8/2022).

Kyoda menambahkan, para teknisi tersebut menjadi kunci untuk menyediakan kendaraan yang paling tepat untuk konsumen Indonesia. "Kami juga sudah memulai pengembangan baterai EV di R&D Center kami," kata Kyoda.

Daihatsu memamerkan Ayla EV untuk pertama kalinya ke publik.Mobil listrik ini masih dalam bentuk konsep, bukan versi produksi massal. "Ini adalah purwarupa konversi baterai EV, dikembangkan oleh tim R&D kami," ujarnya.

Sebelumnya mobil elektrik dari kelas entry level sudah diproduksi oleh Wuling. Harganya ada di angka Rp 250 hingga Rp 300 juta. Dengan dimensi yang lebih besar, apakah Ayla Elektrik akan meninggalkan baju mobil murahnya?

Rocky Hybrid

Selain Ayla EV, kendaraan elektrifikasi lainnya yang dipamerkan adalah Rocky Hybrid. Mobil ini sebelumnya sudah diluncurkan di Jepang tahun lalu. Rocky Hybrid Daihatsu Rocky Hybrid berkelir biru tua atau navy mulai menunjukkan wujud asli tanpa selubung.

Rocky Hybrid dibekali mesin baru berkode WA-VEX. Harganya ada di angka Rp 250 hingga Rp 300 juta. Mesin WA-VEX Rocky ini menggunakan basis mesin WA-VE 1.200 cc 3-silinder yang ada di Daihatsu Rocky 1.2 L.

Baca juga: Bulan Juni 2022, Astra Daihatsu Banyak Menggulirkan Promo Servis

Baca juga: Info Mobil, Jelang Mudik Lebaran 2022 Astra Daihatsu Gelar Promo Ramadan Daihatsu Bagi-bagi THR

Namun, mobil ini disematkan sistem hybrid seri dan mengusung Atkinson Cycle yang diklaim lebih efisien jika dibandingkan dengan Otto Cycle. Jadi, mesin tersebut hanya dimanfaatkan sebagai generator untuk mengisi daya baterai yang akan memutar dinamo untuk menggerakkan ban.

Baterai yang digunakan berjenis Lithium-Ion Battery dan punya bobot 20,8 kilogram.

Sementara untuk penyimpanan baterainya, ada di bawah kursi penumpang belakang. Baterai Rocky Hybrid sendiri memiliki kapasitas 4,3 Ah, yang terdiri dari 24 sel dan memiliki Steady-State Voltage 177,6 V. Melihat spesifikasinya, baterai ini memiliki dimensi panjang 860 mm, lebar 369 mm, dan tinggi 185 mm.

Belum diketahui kehadiran Rocky Hybrid di GIIAS 2022 ini apakah sekadar dipamerkan, tes pasar, atau untuk dipasarkan. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved