Universitas Sng Bumi Ruwa Jurai

Rektor Universitas Saburai Buka Seminar Motivasi Menulis Buku Untuk Para Dosen

Seminar Motivasi Menulis Buku Untuk Para Dosen dibuka langsung oleh Rektor Universitas Saburai, Dr.Lina Maulidiana, S.H.,M.H,di gedung Graha Saburai

ist
Seminar Motivasi Menulis Buku Untuk Para Dosen dibuka langsung oleh Rektor Universitas Saburai, Dr.Lina Maulidiana, S.H.,M.H,di gedung Graha Saburai Lantai 3, Rabu (31/08/2022). 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung - Seminar Motivasi Menulis Buku Untuk Para Dosen dibuka langsung oleh Rektor Universitas Saburai, Dr.Lina Maulidiana, S.H.,M.H,di gedung Graha Saburai Lantai 3, Rabu (31/08/2022).

Dalam sambutannya Lina menyampaikan, ``Di era disrupsi saat ini, seorang dosen dituntut mahir menulis buku sebagai wahana pengembangan ilmu pengetahuan´´, ujarnya.

Selain merupakan wahana pengembangan ilmu pengetahuan, menulis buku, merupakan tugas yang wajib bagi dosen.

"Di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan, saat ini menulis merupakan salah satu tugas wajib yang mesti dilakukan dosen, tak melulu bertugas mengajar di kelas", Tambahnya.

Tugas dosen tidak hanya mengajar di ruang kelas dan membimbing mahasiswa, tetapi juga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan diri dan menerapkan ilmu pengetahuan.

Selain itu juga ada kegiatan-kegiatan yang menunjang profesi sebagai dosen.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Direktur Graha Ilmu Drs Josef Edy Yanto,SE,.

profesi dosen mensyaratkan beberapa hal, di antaranya adalah pengembangan ilmu pengetahuan.

"Hal ini,dapat dilakukan salah satunya melalui kegiatan menulis buku", jelas Josef Edy Yanto.

Menurut dia, menulis buku memiliki banyak manfaat, yakni dapat menjadi panduan belajar bagi mahasiswa seluruh Indonesia, berdampak pada nilai kum bagi dosen, dan reputasi perguruan tinggi.

Menulis buku ajar dapat dikembangkan dari materi pembelajaran oleh dosen, diktat atau modul, dan diperkaya dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang terjadi dalam masyarakat.

Buku karya dosen harus diterbitkan oleh penerbit yang berskala nasional, sehingga memberikan nilai tambah, karena dapat dimanfaatkan oleh kalangan yang lebih luas.

Tidak hanya mahasiswa di pergurua tinggi di mana dosen itu mengajar.

Strategi dalam menulis buku ajar  yaitu harus dengan sikap rajin dan banyak membaca referensi terbaru.

“Menulis buku ajar bisa sepuluh hari, bisa juga setahun nggak jadi. Yang cepat itu karena rajin,” tutupnya.

Peserta seminar dari para dosen Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai dan di hadiri oleh Wakil Rektor satu dan wakil rektor Dua.

( Tribunlampung.co.id / Rilis )

Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved