Berita Lampung

Sempat Tertunda, 125 Jemaah Ikuti Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun Kemenag Tulangbawang

125 peserta mengikuti bimbingan manasik haji sepanjang tahun 1444 H/2022 M yang digelar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulangbawang

Editor: Reny Fitriani
Tribunlampung.co.id/Candra Wijaya
Kementerian Agama Kabupaten Tulangbawang saat menggelar bimbingan manasik haji sepanjang tahun di Aula rapat Hotel Sarbini Kecamatan Menggala, Tulangbawang. 

Tribunlampung.co.id, Tulangbawang - Sebanyak 125 peserta mengikuti bimbingan manasik haji sepanjang tahun 1444 H/2022 M yang digelar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulangbawang.

Dari 125 peserta, 78 diantaranya merupakan calon jemaah haji yang sempat tertunda pada tahun 2020 atau 2022 keberangkatan kemarin.

Sedangkan untuk jumlah 26 orang lainnya merupakan calon jemaah haji yang terkendala nomor urut.

"Untuk 78 orang tersebut merupakan calon jamaah yang tertunda pada tahun 2020 akibat dampak dari pandemi Covid-19, bahkan tertunda kembali akibat faktor usia pada keberangkatan kemarin," jelas Kepala Kementerian Agama Tulangbawang, Sanusi, didampingi Kasi Haji dan Umrah, Zainal Arifin, Rabu (31/8/2022).

Namun, pada keberangkatan di tahun depan diprediksi atau direncanakan sebanyak 194 jamaah akan berangkat sesuai nomor porsinya.

Baca juga: Kejati Geledah Kantor DLH Bandar Lampung, Dugaan Korupsi Retribusi Sampah

Baca juga: Rumah Semi Permanen Terbakar di Lampung Selatan, Warga Sebut Api Berasal dari Dapur

"Jumlah 194 tersebut berbeda dari 78 jamaah yang tertunda dari tahun 2020 tersebut akibat pandemi Covid-19," ungkapnya.

Dirinya juga mengungkapkan, seperti diketahui bersama akibat terkandala pandemi Covid-19, keberangkatan calon jamaah haji saat itu sempat tertunda.

Bahkan saat keberangkatan jamaah pada tahun 2022 ini, beberapa orang dilakukan penundaan dikarenakan faktor usia diatas 65 tahun.

"Kemarin sempat ada penundaan akibat batas usia, sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah, sehingga ada calon jamaah haji yang tidak diberangkatkan," terangnya.

Dari penundaan itu, hari ini pihaknya melakukan bimbingan manasik haji kepada 125 orang yang terbagi dari 15 Kecamatan yang ada di Tulangbawang.

"125 orang tersebut merupakan jamaah yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Tulangbawang," ungkapnya.

Maka dari itu, semogga peserta manasik haji sepanjang tahun ini dapat berangkat pada tahun 2023 mendatang.

"Semogga tidak ada penundaan kembali dan seluruh peserta manasik haji sepanjang tahun yang ada hari ini, dapat berangkat pada sesi tahun yang akan datang," tuturnya.

Dirinya juga berharap dengan adanya pembinaan bimbingan manasik haji sepanjang tahun ini para calon jamaah lebih memahami dan mengerti dalam pelaksanaan manasik haji tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved