Pemilu 2024

Bawaslu Lampung Selatan Temukan Parpol Melanggar Mekanisme Klarifikasi Keanggotaan

Ketua Bawaslu Lampung Selatan Hendra Fauzi membenarkan pihaknya menemukan pelanggaran dalam mekanisme keanggotaan parpol di Lampung Selatan.

tribunlampung.co.id/Dominius Desmantri Barus
Ketua Bawaslu Lampung Selatan Hendra Fauzi (baju hitam). Bawaslu Lampung Selatan menemukan indikasi pelanggaran mekanisme klarifikasi keanggotaan Parpol calon peserta Pemilu 2024. 

Tribunlampung.co.id, Lampung Selatan- Bawaslu Lampung Selatan menemukan indikasi pelanggaran mekanisme klarifikasi keanggotaan Parpol calon peserta Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Lampung Selatan Hendra Fauzi membenarkan pihaknya menemukan pelanggaran dalam mekanisme keanggotaan parpol di Lampung Selatan.

"Pelanggaran-pelanggaran mekanisme klarifikasi keanggotaan Parpol calon peserta pemilu 2024 yang belum dapat dipastikan keanggotaannya," kata Ketua Bawaslu Lampung Selatan Hendra, Jumat (9/9/2022).

"Parpol tersebut tidak mendaftarkan langsung keanggotaannya ke KPU Lampung Selatan, tetapi malah melalui telepon atau video call saja," imbuh Hendra.

Padahal, kata Hendra, sudah jelas diatur PKPU Nomor 4 Tahun 2022, untuk melakukan klarifikasi terhadap keanggotaan, Paprol itu harus datang dan bertemu langsung di kantor KPU.

Baca juga: Pembunuh Kakek di Lampung Selatan Ternyata Residivis Pembunuhan di Tulangbawang

Baca juga: Pengakuan 2 Wanita Pegawai Alfamart Disekap Pria di Pesawaran, Kaki Tangan Diikat

Sehingga parpol yang mendaftarkan keeanggotannya tidak datang langsung ke Kantor KPU Lampung Selatan tersebut dianggap melanggar.

"Kemarin yang kita temukan di KPU Lampung Selatan banyak partai yang tidak mendaftarkan secara langsung ke Kantor KPU Lampung Selatan, tetapi melalui sambungan telepon atau video call WA," ujarnya.

Dia mengatakan, untuk masa klarifikasi parpol peserta Pemilu 2024 sudah diperpanjang, seiring turunnya surat KPU RI, perpanjangan sampai dengan 8 Oktober 2022.

Hendra mengatakan, ada beberapa partai yang sudah mengikuti mekanisem klarifikazi parpol, yakni mendaftarkan keanggotaanya langsung ke kantor KPU Lampung Selatan.

"Untuk berapa total yang hadir langsung mendaftarkan parpolnya jadi peserta pemilu, berapa paprol yang klarifikasinya hanya melalui telepon atau video call, datanya ada di KPU Lampung Selatan," katanya

"Kalau informasi yang kita dapat sudah ada 9 partai yang melakukan klarifikasi mendaftar sebagai peserta pemilu," lanjutnya.

Menurut dia, dari 9 partai yang sudah mendaftar itu setidaknya ada sekitar 4-5 partai yang melakukan pelanggaaran. "Ada yang partai lama ada juga partai baru," ucapnya.

Baca juga: Polres Lampung Selatan Komitmen Berantas Perjudian, Jika Ada Langsung Laporkan

Baca juga: Polres Lampung Selatan Bagikan 200 Paket Sembako Pasca Penyesuaian Harga BBM

Hendra mengaku akan terus mengupdate jumlah parpol yang sudah mengikuti mekanisme klarifikasi keanggotaan Parpol calon peserta Pemilu 2024 secara benar.

"Fokus kita sekarang masih melihat apakah ada ditemukannya pelanggaran terkait klarifikasi keanggotaan Parpol calon peserta pemilu," ujarnya

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved