Breaking News:

Berita Lampung

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus Rencanakan Nama Lamban Pancasila untuk Gedung Budaya

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus nama Lamban Pancasila representasi keberagamaan NKRI dan sesuai untuk sarana budaya.

Penulis: Bobby Zoel Saputra | Editor: Tri Yulianto
Tribunlampung.co.id/Bobby Zoel Saputra
Kondisi Gedung Budaya atau Lamban Pancasila Lampung Barat yang sudah hampir rampung dan akan segera diresmikan, Kamis (29/9/2022). 

Tribunlampung.co.id, Lampung Barat - Gedung Budaya Lampung Barat yang akan segera diresmikan rencananya diberi nama Lamban Pancasila, 

Diketahui bahwa Gedung Budaya Lampung Barat atau Lamban Pancasila tersebut berada di sekitar Komplek Pemda Kelurahan Way Megaku, Kecamatan Balik Bukit, Lampung barat.

Pemberian nama Lamban Pancasila untuk Gedung Budaya Lampung Barat tersebut langsung diberikan oleh Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus.

Parosil menjelaskan bahwa nama Lamban Pancasila merupakan representasi untuk menggambarkan keberagamaan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sebagaimana kita ketahui bahwa Kabupaten Lampung Barat merupakan wilayah yang sangat kental dengan budaya dan adat istiadat,” kata dia, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: KPK Kembali Periksa 9 Saksi Kasus Mantan Rektor Unila Prof Karomani

Baca juga: Besok Ada Pasar Murah dan Bazar UMKM/IKM di Lapangan Pemda Pringsewu

“Sampai saat ini pun hal tersebut masih terus akan kita pertahankan,” tambahnya.

Parosil juga menjelaskan bahwa Lampung Barat dan masyarakatnya sangat memprioritaskan kesetaraan sosial dan menerima kehadiran masyarakat lain.

Berbagai macam masyarakat dan kekhasan budaya masing-masing dari masyarakat tersebut ada di Lampung Barat.

“Masyarakat Lampung Barat memiliki tipologi yang egaliter atau sangat memprioritaskan kesetaraan sosial dan menerima kehadiran masyarakat lain,” kata Parosil.

“Berbagai macam kekhasan budaya ada di sini, seperti Jawa, Sunda, Batak, Padang, Semende, Sumatera Selatan dan lain-lain,” terusnya.

Selain itu penamaan Lamban Pancasila pun dimaksudkan sebagai wujud penerimaan atas kebhinekaan Indonesia.

“Hal itu sudah menjadi sebuah keniscayaan,” kata Parosil.

Baca juga: Keluarga Korban KDRT Oknum ASN di Lampung Barat Minta Bantuan Hotman 911

Baca juga: Tercatat 281 Orang Daftar Panwaslu Kecamatan di Lampung Barat

Diketahui bahwa rencana awal peresmian Lamban Pancasila ini akan dilakukan bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Lampung Barat pada tanggal 24 September kemarin.

Namun hal tersebut diundur dan informasi lanjutan terkait peresmian tersebut akan menunggu keputusan dari Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved