Berita Terkini Nasional

Festival Pasar Harmoni Panggungkan Kuliner dan Kriya Lokal di Borobudur Marathon 2022

Festival Pasar Harmoni di Candi Pawon untuk menyambut pelari dari berbagai kota di Indonesia dalam Borobudur Marathon 2022.

Editor: Tri Yulianto
Kompas.com
Suasana Festival Pasar Harmoni untuk UMKM di Candi Pawon dalam menyambut pelari dari berbagai kota di Indonesia dalam Borobudur Marathon 2022. 

Tribunlampung.co.id, Magelang - Festival Pasar Harmoni digelar di Candi Pawon merupakan bagian dari rangkaian acara Borobudur Marathon 2022, pada 5 November 2022.

Ada 22 UMKM dalam kelompok Pawone, terdiri 13 UMKM kuliner dan 9 UMKM berpartisipasi dalam Festival Pasar Harmoni 2022.

Festival Pasar Harmoni di Candi Pawon sebagai tempat untuk malam apresiasi bagi para pelaku UMKM kelompok Pawone untuk sambut pelari dari berbagai kota di Indonesia dalam Borobudur Marathon 2022.

Borobudur Marathon telah menjadi ajang ikonik di Jawa Tengah dan salah satu penyelenggaraan maraton paling bergengsi di Tanah Air.

Lalu Bank Jateng juga turut mendukung bertumbuhnya UMKM dengan pendampingan usaha, edukasi tentang keuangan, dan bantuan permodalan.

Tahun ini, puncak perlombaan lari Borobudur Marathon akan dilaksanakan pada 12–13 November 2022 dengan kategori Elite Race dan Bank Jateng Young Talent pada 12 November serta Bank Jateng Tilik Candi pada 13 November.

Baca juga: Tersangka Korupsi Bumades Kecamatan Abung Tengah Lampung Utara Meninggal Dunia

Baca juga: Empat Korban Kecelakaan 2 Kereta Api Babaranjang Tabrakan di Lampung Tengah Dirawat di RSUS

Serangkaian dengan itu, akan dihelat pula Race Expo di Grand Artos Hotel & Convention, Magelang pada 11–12 November 2022. 

Pasar Harmoni menyapa pengunjung dan peserta Borobudur Marathon di Race Expo yang dilaksanakan di Grand Artos Hotel & Convention Magelang serta Bank Jateng Tilik Candi di Taman Lumbini, Borobudur.

Borobudur Marathon sejak mula dirancang dengan semangat membangkitkan wisata olahraga atau sport tourism di kawasan Magelang dan yang lebih luas, Jawa Tengah dan sekitarnya.

Dikatakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada peluncuran Borobudur Marathon tahun ini, ajang ini menjadi pemacu kebangkitan ekonomi, wisata, sekaligus ruang kaderisasi atlet jarak jauh, baik tingkat lokal maupun nasional. 

Terkait wisata olahraga tersebut, dari sisi daya tarik wisata sendiri, kawasan ini sudah amat unggul dengan adanya Candi Borobudur, candi Buddha terbesar di dunia.

Untuk menyokong potensi ini, hal-hal yang mendukung aktivitas berwisata juga perlu ditingkatkan.

Ini bisa dilakukan antara lain dengan menggandeng dan mengakselerasi pelaku-pelaku UMKM di sekitar Candi Borobudur.

Peran UMKM di Magelang amat penting, terlebih dalam konteks pariwisata.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved