Berita Terkini Nasional

Borobudur Marathon 2022, Lokomotif Penggerak Ekonomi Wisata Jawa Tengah

Ajang kompetisi lari yang diselenggarakan Harian Kompas bekerja sama dengan Yayasan Borobudur Marathon didukung Bank Jateng dan Pemprov Jawa Tengah.

TribunJateng/Fransiskus Ariel
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas 4.225 pelari pada hari terakhir Borobudur Marathon 2022, Minggu (13/11/2022). Acara bergengsi tersebut diharapkan jadi lokomotif penggerak ekonomi wisata. 

Tribunlampung.co.id, Jawa Tengah - Acara puncak Borobudur Marathon 2022 diharapkan mampu menjadi lokomotif yang menggerakkan laju pariwisata, ekonomi lokal dan pertukaran budaya.

Acara Borobudur Marathon yang dihelat pada 12-13 November 2022 di Jawa Tengah ini menjadi ajang begengsi.

Diketahui Borobudur Marathon adalah ajang kompetisi lari yang diselenggarakan Harian Kompas bekerja sama dengan Yayasan Borobudur Marathon. Kegiatan ini didukung oleh Bank Jateng dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Ada tiga kategori dalam kompetisi utama Borobudur Marathon 2022, yaitu Borobudur Marathon Elite Race dan Bank Jateng Young Talent yang dilangsungkan pada 12 November serta Bank Jateng Tilik Candi pada 13 November. 

Borobudur Marathon Elite Race dengan jarak lari 42,195 kilometer hanya akan diikuti pelari elite nasional yang lolos seleksi. Tahun ini, sebanyak 37 atlet nasional yang terdiri atas 26 atlet putra dan 11 atlet putri berpartisipasi dalam ajang ini.

Bank Jateng Young Talent yang merupakan kompetisi lari dengan jarak 10 kilometer menjadi wadah bagi talenta muda berusia 15–18 tahun untuk mengukur dan mengasah kemampuan mereka.

Baca juga: 4 Perampok di Lampung Timur Tertangkap di Banten dan Cilacap Jawa Tengah

Baca juga: Projek-D Festival Musik yang Dapat Dinikmati Semua Kalangan Hadir di Solo Jawa Tengah

Sejumlah 30 pelari muda akan berlaga pada ajang ini. Kategori Young Talent ini adalah kategori baru yang menjadi wadah penting untuk kaderisasi atlet lari jarak jauh. 

Sementara itu, Bank Jateng Tilik Candi dengan jarak 21,097 kilometer diikuti pelari umum dengan sistem ballot. Sebanyak 4.552 pelari ambil bagian dalam ajang ini.

“Ini ruang Anda semuanya untuk menunjukkan prestasi dan tentu saja, kita harapkan ini menjadi inspirasi untuk para atlet maupun calon-calon atlet agar bisa menjadi atlet yang baik,” Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan pesannya untuk para pelari.

Brand Ambassador Borobudur Marathon 2022 Kelly Tandiono pada konferensi pers di Magelang, Jumat (11/11/2022) juga mengingatkan pelari untuk mengasup karbohidrat yang cukup (carbo loading) sebelum berlari dan mencukupkan istirahat.

“See you at the finish line!” Kelly yang juga akan mengikuti Bank Jateng Tilik Candi memberi semangat.

Mengambil garis start dan finish di Taman Lumbini, kompetisi lari Borobudur Marathon 2022 menawarkan rute menantang di alam pedesaan sekitar Borobudur, yang akan memuaskan dan menghibur para peserta.

Ini juga menjadi cara untuk mengenalkan para pelari lebih dekat dengan Borobudur dan sekitarnya. 

Selain dapat disaksikan secara langsung di Magelang, gelaran Borobudur Marathon juga bisa diikuti di Kompas TV.

Halaman
123
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved