Berita Lampung

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Genggam Rekor MURI sebagai Pemrakarsa Makan Rajungan Terbanyak 

Makan rajungan sebanyak 1 ton yang diprakarsai Gubernur Arinal Djunaidi itu berlangsung di Lapangan Korpri, Kompleks Perkantoran Gubernur Lampung

Istimewa
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) lantaran telah memprakarsai makan rajungan terbanyak dengan jumlah 1 ton secara bersama-sama 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) lantaran telah memprakarsai makan rajungan terbanyak dengan jumlah 1 ton secara bersama-sama.

Makan rajungan sebanyak 1 ton yang diprakarsai Gubernur Arinal Djunaidi itu berlangsung di Lapangan Korpri, Kompleks Perkantoran Gubernur Lampung, Jumat (18/11/2022).

Makan rajungan sebanyak 1 ton yang di komandoi Gubernur Arinal Djunaidi itu sebagai upaya mengoptimalkan potensi sumberdaya kelautan dan perikanan serta guna meningkatkan konsumsi ikan.

Gelaran itu dilakukan pemerintah Provinsi Lampung dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) ke-9 tahun 2022.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, menuturkan, Provinsi Lampung menjadikan sektor kelautan dan perikanan sebagai penggerak perekonomian masyarakat.

Hal ini, kata Gubernur Arinal Djunaidi, karena Provinsi Lampung memiliki potensi sumberdaya kelautan dan perikanan yang sangat besar.

Baca juga: Itera Ajarkan Masyarakat Pringsewu Lampung Cara Jernihkan Minyak Jelantah

Baca juga: Masalah Tumpukan Sampah di Pekon Canggu Beres, DLH Lampung Barat Minta Pekon Jaga Lingkungan

Pada peringatan HARKANNAS ke-9 ini, Gubernur Arinal juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengkampanyekan Gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) di Provinsi Lampung.

Adapun salah satu potensi sumberdaya perikanan di Provinsi Lampung yang memiliki nilai jual yang tinggi di pasar internasional selain udang dan kerapu adalah Rajungan. 

Rajungan merupakan komoditas ekspor perikanan penting Indonesia. 

Pada tahun 2020 nilai ekspor rajungan Indonesia sebesar $367 juta dengan volume 27.616 ton.  

Nilai ekspor ini merupakan terbesar keempat setelah udang, tuna dan cumi.

Gubernur Arinal Djunaidi menuturkan, pada Peringatan HARKANNAS tahun ini Pemerintah Provinsi Lampung ingin memastikan dan meyakinkan masyarakat bahwa Lampung merupakan daerah yang memiliki potensi rajungan yang besar.

Sehingga dengan begitu, Arinal berharap bisa mendorong nelayan untuk bisa meningkatkan ekploitasi sumberdaya perikanan rajungan di daerahnya.

"Nah, oleh karena itu hari ini pemerintah Provinsi Lampung menciptakan Rekor MURI makan rajungan bersama sebanyak 1 ton," ungkap Gubernur Arinal Djunaidi.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved