Berita Lampung

Kunjungi Lampung, Wamenaker Afriansyah Sebut 135,30 Juta Orang Indonesia Bekerja

Wamenaker Republik Indonesia Afriansyah Noor menggelar sarasehan atau pertemuan dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di Lampung.

Penulis: Bayu Saputra | Editor: muhammadazhim
Tribunlampung.co.id / Bayu Saputra
Wamenaker Republik Indonesia Afriansyah Noor (tengah) menerima cinderamata mini siger dari Kadisnaker Provinsi Lampung Agus Nompitu (kanan) dalam agenda sarasehan bersama Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di Hotel Bukit Randu, Kota Bandar Lampung, Minggu (20/11/2022). 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung - Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker) Republik Indonesia Afriansyah Noor menggelar sarasehan atau pertemuan dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di Lampung.

Afriansyah Noor mengatakan, Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) sengaja datang ke Lampung untuk membahas terkait pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

"Saat ini kondisi ketenagakerjaan telah menunjukan performa positif di masa pemulihan ekonomi, dan akhirnya sarasehan ini digelar," kata Afriansyah Noor kepada Tribun Lampung, Minggu (20/11/2022).

Ia mengatakan, Kemenaker mencatat tren positif  berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) untuk pemulihan ekonomi.

Afriansyah menambahkan, masyarakat Indonesia meskipun dilanda pandemi, tetapi penduduk Indonesia secara nasional termasuk di Lampung, tercatat yang bekerja ada sebanyak 135,30 juta orang, atau naik sebanyak 4,25 juta orang dari Agustus 2021. 

Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) di masa pandemi ini naik sebesar 0,83 persen poin.

"Lapangan pekerjaan yang mengalami peningkatan terbesar di antaranya sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan," kata Afriansyah.

Ia mengatakan, sejalan dengan prioritas pembangunan nasional Indonesia dan saat ini juga sesuai arahan presiden ditujukan pada peningkatan kualitas SDM. 

Terutama melalui pendidikan vokasi, pelatihan vokasi, dan kemitraan dengan industri. 

Program pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci untuk bisa mencapai target Indonesia menjadi negara maju di tahun 2045.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Provinsi Lampung Agus Nompitu mengatakan, Disnaker Lampung mencatat ada sebanyak 4,76 juta penduduk Lampung bekerja.

Ada 214,3 ribu orang merupakan pengangguran, dan ini berdasarkan catatan kondisi angkatan kerja di Lampung pada Februari 2022.

"Dari catatan TPK Lampung pada Februari 2022 sebesar 72,51 persen atau naik 0,78 persen poin dibanding Februari 2021," kata Agus.

Ia mengatakan, TPAK adalah persentase banyaknya angkatan kerja terhadap banyaknya penduduk usia kerja. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved