Berita Lampung

Lestarikan Wayang Kulit, Pringsewu Gandeng Dalang Muda

Melestarikan budaya, Pekon Mataram, Gadingrejo, Pringsewu yang merupakan Kampung Pancasila menggelar pertunjukan wayang kulit.

Penulis: Riana Mita Ristanti | Editor: muhammadazhim
Tribunlampung.co.id/ Riana Mita Ristanti
Dalang senior saat memperkenalkan wayang kulit ke dalang muda di Pringsewu, Sabtu (19/11/2022) malam. 

Tribunlampung.co.id, Pringsewu - Melestarikan budaya, Pekon Mataram, Gadingrejo, Pringsewu yang merupakan Kampung Pancasila menggelar pertunjukan wayang kulit dengan menggandem dalang muda.

Pertujukan wayang kulit dengan menggandeng dalang muda yang digelar semalaman suntuk di Kampung Pancasila Pringsewu ini merupakan upaya masyarakat melestarikan budaya Jawa di Bumi Jejama Secancanan.

Selain itu, pertunjukan wayang kulit di Kampung Pancasila Pringsewu ini juga bertujuan untuk menggandeng generasi muda agar lebih mengenal dan melestarikan budaya Indonesia.

Pertunjukan wayang kulit yang digelar Sabtu (19/11/2022) malam ini mengambil lakon Semar Mbangun Jiwo dengan enam dalang.

Ketua panita pertunjukan wayang kulit Kampung Pancasila, Rudi Kurniawan mengatakan, keenam dalam tersebut yakni Ki Teguh Surono, Ki Eko Sutanto, Ki Wasi Paripurno, Ki Sindu Purnomo, Ki Sutamrin dan Ki Arif Ngabdurohim.

"Jadi keenam dalam tersebut mengajarkan dan memperkenalkan wayang kulit ini kebeberapa dalang muda yang ada di Pringsewu," kata Rudi, Minggu (20/11/2022).

Rudi menyebut, hal ini bertujuan agar budaya Indonesia ini dikenal oleh anak-anak muda di Bumi Jejama Secancanan.

"Jangan lagi stigma kalau wayang kulit ini hanya dinikmati orang tua saja, akan tetapi yang muda harus juga memahami dan mencintai wayang kulit," paparnya.

Ia juga menyebut, pertunjukan wayang kulit ini guna memperingati hari wayang nasional.

Terlebih, lanjutnya, Kampung Pancasila ini terkenal dengan kreatifias, kerukunan dan Bhineka Tungga Ika nya.

"Ditambah lagi Pekon Mataram ini juga kan sebagai Kampung Pancasila yang terkenal dengan kreatifas, kerukunan dan tolerasi ya," paparnya.

Sementara, mewakili Pj Bupati Pringsewu, Kepala Kesbangpol Pringsewu, Sukarman meminta  masyarakat dapat melestarikan budaya wayang kulit.

"Sebab wayang kulit ini juga sudah diakui oleh dunia," kata Sukarman.

Ia juga meminta kepada seniman muda Pringsewu untuk terus melesatrikan wayang kulit.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved