Berita Lampung

Pemkot Metro Siapkan Sarpras Inklusi Sekolah untuk Siswa Penyandang Disabilitas

Pemkot Metro telah menyiapkan sarana dan prasarana (Sarpras) inklusi untuk siswa sekolah berkebutuhan khusus di sejumlah sekolah di Kota Metro.

tribunlampung/indra simanjuntak
Ilustrasi disabilitas Metro. Pemkot Metro telah menyiapkan sarana dan prasarana (Sarpras) inklusi untuk siswa sekolah berkebutuhan khusus di sejumlah sekolah di Kota Metro. 

Tribunlampung.co.id, Metro - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro telah menyiapkan sarana dan prasarana (Sarpras) inklusi untuk siswa sekolah berkebutuhan khusus di sejumlah sekolah di Kota Metro.

Sarana dan prasarana untuk siswa berkebutuhan khusus tersebut digalakkan oleh pemkot setempat untuk menjadikan Kota Metro menjadi Kota Layak Anak (KLA).

Demikian diungkapkan, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro, Dedi Hasmara saat dikonfirmasi, Rabu (23/11/2022).

Ia mengatakan, pemerintah telah menyiapkan Sarpras inklusi itu di sejumlah Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Metro.

Sarpras untuk siswa berkebutuhan khusus tersebut telah disiapkan untuk SD dan SMP baik Negeri maupun Swasta yang ada di Kota Metro.

Sarpras inklusi tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan hak yang sama terkait akses dan mutu pendidikan kepada semua anak dalam kondisi apapun tanpa terkecuali.

Sehingga, semua siswa bisa memperoleh akses dan layanan pendidikan yang layak.

"Jadi, kita mengikuti peraturan pusat, di mana pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk di Metro tersedia sekitar 15 persen untuk siswa berkebutuhan khusus dari daya tampung di masing-masing sekolahnya," ujarnya.

Dengan adanya Sarpras inklusi tersebut, diharapkan dapat menjadi peluang bagi peserta didik disabilitas untuk mendapatkan pembelajaran di sekolah umum.

"Itu peluang bagi para peserta didik disabilitas yang ingin mendapatkan pembelajaran di sekolah-sekolah umum," ungkapnya.

Dijelaskannya, untuk di Kota Metro saat ini telah ada sekurangnya sembilan sekolah yang telah memiliki kelas khusus inklusi dan Sarpras Toilet yang diperuntukkan kepada anak disabilitas.

Sarpras inklusi tersebut telah tersedia di 5 SD dan 4 SMP yang ada di Kota Metro.

Lebih jelasnya terdapat di 5 SD dan 3 SMP Negeri serta 1 SMP Swasta yang ada di Kota Metro.

"Untuk yang sudah memiliki fasilitas khusus seperti ruang inklusi dan toilet khusus itu baru ada di SDN 1 Metro Barat, SDN 1 dan 2 Metro Selatan, SDN 1 Metro Utara, serta SDN 7 Metro Pusat," paparnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved