Kanal

Warga Bisa Gunakan Jalan Tol Trans Sumatera Gratis hingga Perayaan Tahun Baru Ini

Ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Kota Baru - Terbanggi Besar (STA 80+000 - 139 +925) akhirnya bisa dibuka. Sebelumnyanya JTTS hanya dibuka untuk ruas Bakauheni - Kota Baru. - tribunlampung/okta kusuma jatha

Laporan Reporter Tribunlampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Bagi masyarakat pengguna kendaraan mobil bisa menikmati Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) secara gratis pada pelayanan natal dan tahun baru (Nataru) akhir tahun ini.

JTTS ruas Bakauheni – Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer dipersiapkan untuk digunakan pada pelayanan Nataru.

Untuk ruas Bakauheni – Lematang/Kotabaru sepanjang 80 kilometer akan dibuka selama 24 jam.

VIDEO - Sambut Natal dan Tahun Baru, Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Kota Baru-Terbanggi Besar Dibuka

Sedangkan untuk ruas Lematang/Kotabaru – Terbanggi Besar akan dibuka secara kondisional. Pengoperasiannya hanya difokuskan pada siang hari (12).

Meski belum dikenakan tarif (gratis). Namun bagi masyarakat yang hendak melalui JTTS tetap harus memiliki e toll atau elektrik money yang bisa digunakan untuk transaksi tol. Ini digunakan untuk mapping pada pintu tol guna membuka gate (pembatas).

“Belum ada penetapan untuk tarif. Nanti kalau sudah ada penetapan dari Kementerian PUPR terkait dengan tarif tol JTTS akan kita sampaikan (sosialisasikan) ujar Kepala Cabang Tol Bakauheni – Terbanggi Besar PT. Hutama Karya, Hanung Hanindito kepada tribun, Sabtu (22/12/2018).

Menurut dirinya pada pelayanan Nataru kali ini ada 5 exit tol yang dibuka selain pintu utama Bakauheni Selatan dan Terbanggi Besar.

Pintu Exit yang dibuka yakni exit Bakauheni Utara, Exit Sidomulyo, Lematang, Kota Baru dan Branti.

Resmi Dibuka, Kendaraan Sudah Bisa Mengaspal di Tol Sidomulyo

Pengoperasian tol untuk ruas Bakauheni – Lematang/Kota Baru akan dilakukan 24 selama pelayanan nataru. Sedangkan untuk ruas Kota Baru – Terbanggi Besar hanya akan dioperasikan 12 jam (hanya siang hari).

Menurut Hanung, nantinya pasca pelayanan Nataru. JTTS tetap akan dioperasikan untuk ujicoba sembari menyelesaikan proses pembangunan yang belum terselesaikan.

Seperti pembuatan rest area pada kilometer 33, kilometer 87 dan kilometer 115.

“Nanti setelah pelayanan Nataru, tetap akan kita bukan untuk jalan tol. Kita akan ujicoba sembari menyempurnakan dan menyelesaikan pembangunannya. Nanti setelah diresmikan baru kita operasikan penuh,” kata dia.

(*)
 

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Teguh Prasetyo

Berita Populer