Delapan Pekon Mekar Jadi 18 Desa

Sebanyak delapan pekon (desa) di Pringsewu akan dimekarkan menjadi 18 pekon.

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak delapan pekon (desa) di Pringsewu akan dimekarkan menjadi 18 pekon. Pekon-pekon tersebut, empat di antaranya berada di Kecamatan Pagelaran dan empat lagi berada di Kecamatan Gadingrejo.

"Pemekaran itu merupakan keinginan dari masyarakat," tukas Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Pekon (BPMPP) Pringsewu Syamsul Bahri, Senin (14/5).

Secara rinci, Kepala Bidang Pemerintahan Pekon BPMPP Pringsewu Masykur Hasan menyebutkan, seluruh pekon yang akan dimekarkan di Kecamatan Pagelaran akan menjadi dua pekon. Yakni Pekon Candiretno (Cindiretno dan Sumber Rejo), Wayngison (Wayngison dan Sidodadi), Bumi ratu (Bumiratu dan Bumi Rejo), dan Gumukrejo (Gumukrejo dan Ganjaran).

Sedangkan pekon yang akan dimekarkan di Kecamatan Gadingrejo yakni Pekon Tambahrejo (Tambahrejo dan Tambahrejo Barat), dan Yogyakarta (Yogyakarta dan Yogyakarta Selatan). Dua pekon lagi masing-masing mekar menjadi tiga pekon, yakni Gadingrejo (Gadingrejo, Gadingrejo Timur, Gadingrejo Utara), dan Wates (Wates, Wates Timur,Wates Selatan).

Masykur mengatakan, pemekaran tersebut mengacu Peraturan Bupati Nomor 21 Tahun 2011 tentang Pembentukan, Pengesahan, Penggabungan Pekon dan Perubahan Status Pekon Menjadi Kelurahan. Dia menyebutkan, syarat pemekaran tersebut diantaranya jumlah penduduknya minimal 200 kepala keluarga dan 1000 jiwa.

Selain itu luas wilayahnya, terjangkau dengan pusat pemerintahan. Kemudian, pemekaran berdasar dari kemauan masyarakat. Msykur mengatakan bahwa draf dari pemekaran delapan pekon tersebut sudah masuk di BPMPP.

"Syarat sudah memenuhi, tinggal kita  proses setelah berkasnya masuk, diteliti, verifikasi untuk keabsahan berkas tersebut," tukasnya. Akan tetapi, untuk verifikasi itu harus ada izin dari Bupati Pringsewu Sujadi Saddat.(didik)

Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved