Tucuxi Mampu Tarik Gerbong Kereta!

"Mobil ini berkekuatan 200 Kwh atau setara dengan 3000-3500 cc. Kekuatannya bisa menarik gerbong kereta," ungkap Dahlan dari balik kemudi.

Tucuxi Mampu Tarik Gerbong Kereta!
ANTARA/Andika Wahyu
Menteri BUMN Dahlan Iskan bersiap mengendarai mobil sport listrik Tucuxi saat uji coba di kawasan stadion Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Minggu (23/12)
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Tucuxi, itulah nama untuk mobil listrik mirip dengan tampang mobil sport Ferrari. Mobil ini sudah dijajal Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan dari Gatot Subroto ke bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, kemarin.

Kali ini, mobil yang dibuat di Yogyakarta itu kembali diperlihatkan Dahlan kepada publik di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (23/12/2012). Sontak saja, mobil dengan desain aerodinamis ini langsung membetot perhatian.

Di sela test drive, Dahlan mengaku mobil elektrik ini bisa dipakai penuh selama lima jam. "Mobil ini berkekuatan 200 Kwh atau setara dengan 3000-3500 cc. Kekuatannya bisa menarik gerbong kereta," ungkap Dahlan dari balik kemudi.

Karena ini mobil pertama dan perlu riset, sekitar Rp 3 miliar digelontorkan. Pasalnya, ada beberapa komponen yang selama riset perlu disesuaikan sehingga ada yang perlu diotak-atik seperti sistem hidroliknya.

Dahlan mengaku lebih melirik mobil listrik karena memberi banyak keuntungan. Indonesia memiliki momen untuk memproduksi mobil listrik ketimbang mobil berbahan bakar bensin. Pasalnya, hampir produsen negara maju mengembangkan mobil listrik.

"Kalau mau memasuki industri mobil berbensin apakah mungkin kita bersaing? Kalau mobil listrik kita sama-sama berangkatnya. Ibarat maraton berangkatnya sama-sama. Kalau kita menang alhamdulillah kala kita kalah ya enggak apa-apa," tukasnya.

Kalau Jokowi pernah meroket namanya gara-gara Esemka, akankah mobil Ini bakal melambungkan nama Dahlan Iskan?(*)

Editor: muhammadazhim
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved