Sekolah Umum di Tanggamus Diminta Terima Siswa Berkebutuhan Khusus

Dinas Pendidikan Tanggamus sosialisasikan regulasi pendidikan inklusif ke seluruh sekolah.

Sekolah Umum di Tanggamus Diminta Terima Siswa Berkebutuhan Khusus

Laporan Wartawan Tribun Lampung Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Dinas Pendidikan Tanggamus sosialisasikan regulasi pendidikan inklusif ke seluruh sekolah.

Menurut Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Masyarakat dan SDM Jonsen Vanisa, pendidikan inklusif adalah sistem pendidikan yang berikan kesempatan pada peserta didik anak berkebutuhan khusus (ABK).

Baca: (VIDEO) 464 Madrasah di Lampung Pastikan Ikut UNBK

"Kita telah memiliki Perbup tentang pembudayaan inklusif sebagai pedoman bagi satuan pendidikan untuk berikan pendidikan kepada ABK guna memperoleh pendidikan," kata Jonsen, Kamis 21 Desember 2017.

Pendidikan inklusif dengan arti lain, yakni pendidikan untuk ABK yang dilakukan di sekolah umum. Sekolah reguler disarankan untuk menerima semua siswa tanpa memandang kekurangan.

Baca: Ini Alasan Hakim Kabulkan Rekening Andi Narogong yang Diblokir KPK Dibuka

"Saya harapkan dapat diterapkan di sekolah tanpa ada dinding pemisah antara anak berkebutuhan khusus dengan anak yang normal, karena pada dasarnya pendidikan wajib dilaksanakan tanpa ada perbedaan," ujar Jonsen.

Menurut Ketua Pokja Pendidikan Inklusif Tanggamus Supriatno, terhitung sejak Sepetember 2017 di Tanggamus telah dibentuk Pokja Pendidikan Inklusif.

Pokja itu menyusun program pendidikan inklusif, sosialisasi ke jajaran bidang pendidikan, penyusunan regulasi dalam bentuk peraturan bupati tentang kebudayaan pendidikan inklusif. (tri yulianto)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help