Petani Candipuro Kesulitan Dapatkan BBM Solar

Para petani di Kecamatan Candipuro mengeluhkan sulitnya mendapatkan solar untuk mesin perontok padi dan traktor bermesin diesel.

Petani Candipuro Kesulitan Dapatkan BBM Solar
net
Ilustrasi

Laporan Reporter Tribun Lampung Dedi Sutomo 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Para petani di Kecamatan Candipuro mengeluhkan sulitnya  mendapatkan bahan bakar minyak solar untuk mesin perontok padi dan traktor bermesin diesel. Pasalnya para petani kini tidak bisa membeli solar di SPBU. Sedangkan untuk mencari solar di pertamini atau eceran, selain sulit harganya juga lebih tinggi.

“Kalau kita mau beli di SPBU sekarang tidak bisa. Kita disuruh beli Pertamina Dex  harga jauh lebih mahal,” kata Yono salah seorang petani di Candipuro, senin (16/4).

Baca: Bayi Laki-laki Ini Ternyata Anak Ketiga dari Pasangan Artis Ternama Indonesia

Baca: Begini Reaksi Bupati Zainudin Tanggapi Permintaan Pelaku Usaha Kecil di Lamsel

Para petani melihat kebijakan pemerintah seringkali tidak terkoordinasi dengan baik. Di satu sisi petani diberi peralatan modern untuk menunjang kegiatan bertani yang lebih baik.

Namun disisi lain, tidak ada daya dukung dari sektor lainnya yang memiliki keterkaitan. Seperti pemanfaatan mesin perontok padi yang memanfaatkan BBM jenis solar. Justru petani kesulitan mendapatkan BBM solar.

Sementara membeli solar di SPBU saat ini sudah tidak diperbolehkan lagi menggunakan jeriken. Petani pun terpaksa membeli solar eceran dari pedagang dan pertamini. Itu pun sering stok solar tidak ada.(dedi/tribunlampung)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help