Ketua RT di Kemiling Ini Raup Jutaan Rupiah dari Bonsai

Tanaman bonsai milik Sunarto bertumbuhan di halaman rumahnya, bahkan sudah ada yang laku terjual.

Ketua RT di Kemiling Ini Raup Jutaan Rupiah dari Bonsai
Tribun Lampung/Eka Achmad Solihin
Sunarto dan tanaman bonsainya. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Achmad Solihin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Berawal dari hobi hingga menjadi ladang usaha. Inilah yang dilakoni Sunarto, ketua RT 7 Lingkungan I, Kelurahan Beringan Jaya, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung. Kesukaan pada tanaman bonsai menjadi cikal bakal usaha baginya untuk membantu perekonomian sehari-hari.

Kegemaran Sunarto terhadap tanaman berukuran kecil itu bermula saat melihat tanaman bonsai milik teman-temannya pada tahun 2011. Ketika itu, ia merasa mampu menanam bonsai yang lebih bagus.

"Akhirnya saya belajar otodidak dari Youtube dan pecinta bonsai yang lebih senior. Dari situ saya buat yang ukuran besar-besar," kata pria yang sebelumnya bekerja serabutan ini, Selasa, 10 Juli 2018.

Baca: Wow, Ini Alasan Cristiano Ronaldo Tinggalkan Madrid dan Memilih Juventus

Sunarto lalu menanam berbagai jenis bonsai. Di antaranya kimeng, serut, sancang, kaliage, landepan, dan murbei. Ia biasanya mencari bahan bareng sesama pecinta bonsai ke kebun dan hutan, seperti di Punduh Pidada, Pesawaran; dan Kalianda, Lampung Selatan.

Hasil belajar otodidak tersebut mulai menuai hasil. Tanaman bonsai milik Sunarto bertumbuhan di halaman rumahnya, bahkan sudah ada yang laku terjual. Ia bisa mendapat penghasilan mulai Rp 3 juta-Rp 5 juta, hingga Rp 7 juta-Rp 8 juta.

Baca: Fakta di Balik Kekalahan Belgia dari Prancis

"Pesanan ada yang dari luar Lampung, seperti Jakarta," ujarnya.

Dalam proses pembuatan, Sunarto menggunakan karung sebagai medianya. Ia lalu menambahkan biasan batu-batuan.

"Cari bahan ke pantai, misalnya Pantai Kelapa Rapat (Pesawaran). Ada batu karang, dibawa pulang (untuk bahan)," katanya. (*)

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help