Berita Video Tribun Lampung

VIDEO - Sudah Diet dan Olahraga tapi Berat Badan Tidak Turun? Ini Penyebabnya

Sampai saat ini masih banyak orang yang belum tahu bagaimana plateau bisa terjadi padahal diet dan olahraga tidak berhenti dilakukan.

Laporan Live Streaming Reporter Tribun Lampung Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Pasti bahagia rasanya ketika diet dan olahraga yang dilakukan membuat berat badan terus menerus turun. Namun bahagia itu bisa langsung hilang dalam sekejap saat berat badan mendadak berhenti turun.

Kondisi itu disebut dengan masa plateau yakni berat badan berhenti turun dalam kurun waktu terentu. Sampai saat ini masih banyak orang yang belum tahu bagaimana plateau bisa terjadi padahal diet dan olahraga tidak berhenti dilakukan.

Dokter Oscar Panji Suhandi dari Apotek Oscar Jaya mengatakan, masa plateau biasa terjadi pada orang yang sedang menurunkan berat badan. “Sampai sekarang plateau sulit dicegah dan sulit diterka kapan akan terjadinya. Ketika sudah mengalami masa plateau sulit juga ditebak kapan masa plateau akan berhenti,” ujar dr Oscar saat ditemui Tribun Lampung, Rabu, 11 Juli 2018.

Baca: Sudah Satu Minggu Sinyal Tri di Tanjung Bintang Lemah

dr Oscar menambahkan, Plateau disebabkan metabolisme otot yang berkurang akibat berat badan yang turun banyak. Turunnya berat badan sendiri dikarenakan masa air, lemak, dan otot yang berkurang akibat diet dan olahraga yang dilakukan. 

Baca: VIDEO - Suasana Layanan di Kantor BPJS Kesehatan

Baca: Cek Prakiraan Cuaca Hari Ini Kamis 12 Juli 2018

“Jika mengalami masa plateau maka yang harus dilakukan olahraga yang biasa dilakukan. Misal jika biasanya hanya olahraga lari di tempat yang datar, tambahkan dengan lari ditempat yang naik. Kemudian atur pola makan dengan menambah protein hewani maupun nabati. Harus diketahui, protein bisa membantu menekan hormon ghrelin yang bisa menaikan nafsu makan. Sedangkan jika makan yang banyak gula, lemak, dan karbohidrat hormon ghrelin akan semakin naik. Otomatis nafsu makan juga akan naik,” katanya. (*)

Sumber: Facebook Tribun Lampung

Videografer: Okta Kusuma Jatha

Penulis: Okta Kusuma Jatha
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved