Serunya Nikmati Gemericik Air Terjun Curug Talang Ramban

Kecamatan Air Naningan di Kabupaten Tanggamus memiliki pesona alam luar biasa indah.

Serunya Nikmati Gemericik Air Terjun Curug Talang Ramban
NET

Laporan Reporter Tribun Lampung Teguh Prasetyo 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Kecamatan Air Naningan di Kabupaten Tanggamus memiliki pesona alam luar biasa indah. Bahkan ada puluhan air terjun alami dan masih tersembunyi di sana. Namun sayangnya akses untuk mencapainya dibutuhkan perjuangan lumayan berat akibat infrastruktur belum menunjang.

Salah satu air terjun indah masih sangat alami itu adalah Curug Talang Ramban atau familiar disebut Air Terjun Twine. Air terjun ini terletak di Desa Talang Agung, Air Naningan, Tanggamus.

Tribun Lampung bersama teman-teman Lemes Traveler berkunjung ke air terjun itu. Butuh perjuangan ekstra tiba di lokasi karena kondisi jalan tanah merah sangat licin akibat musim hujan, dan harus menerobos kebun dan hutan.

Baca: Blood Moon 27 Juli, Amalan-amalan yang Dianjurkan bagi Umat Islam pada Gerhana Bulan Total

Baca: Legislator Abadi Jaga Basis Suara

Alhasil, sepeda motor yang dikendarai harus terperosok ataupun terjatuh. Namun, perjalanan sulit terbalaskan begitu tiba di air terjun dua tingkat ini.

Tingginya sekitar 50-70 meter dengan debit air sangat deras. Airnya pun sangat bening dan mengalir menganak sungai.

Derasnya air membuat pengunjung kesulitan mengambil gambar, akibat lensa kamera selalu terpercik embun air yang jatuh. Meski begitu, gemericik airnya membuat siapapun yang datang ke sini akan merasakan ketenangan.

Sayangnya kami tak bisa berlama-lama menikmati keindahan yang ditawarkan Curug Talang Ramban akibat tiba-tiba langit mendung pun datang. Apabila hujan turun, maka kami akan lebih kesulitan lagi keluar menuju desa terdekat karena jalanan akan makin sulit dilalui.

Selain itu, air terjun berada di aliran sungai, bila hujan sangat berbahaya karena debit air bisa tiba-tiba menjadi sangat deras dan besar. Malah yang sangat ditakutkan apabila hujan deras di daerah hulu maka bisa saja menyebabkan terjadinya banjir bandang.

Jenny warga Teluk Betung datang ke Curug Talang Ramban mengaku sangat bahagia. Terjawab sudah rasa penasarannya mengunjungi obyek wisata alam ini.

"Saya pernah lihat fotonya di Instagram dan sangat penasaran dengan air terjun ini. Alhamdulillah dengan perjuangan akhirnya bisa sampai juga ke sini. Walaupun nggak bisa berlama-lama juga," katanya. (teguh prasetyo)

Penulis: teguh_prasetyo
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help