Tribun Pringsewu

Sukseskan Gerakan 18-20, Orangtua Diminta Lakukan Hal Ini Bersama Anak

Lapisan masyarakat diajak untuk bersama-sama mensukseskan program literasi keluarga dan gerakan 18-20.

Sukseskan Gerakan 18-20, Orangtua Diminta Lakukan Hal Ini Bersama Anak
Tribunlampung/Didik
PAUD Harapan Bangsa Pekon Banjarejo Kecamatan Banyumas 

Laporan Reporter Tribun Lampung R Didik Budiawan C

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Lapisan masyarakat diajak untuk bersama-sama mensukseskan program literasi keluarga dan gerakan 18-20.

Pengelola PAUD Harapan Bangsa Pekon Banjarejo Kecamatan Banyumas, Ignatius Takatno mengatakan, gerakan 18-20 bertujuan positif pendampingan anak.

Baca: Sidang Kedua Bos 9 Naga Gilang Ramadhan Hadirkan 9 Saksi

Yakni mematikan televisi dan hand phone, mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB. 

Ia menuturkan pada pukul 18.00 WIB, orang tua wajib mengajak putra-putrinya untuk berdoa bersama sesuai agama yang dianutnya.

Kemudian dilanjutkan makan bersama dengan tujuan supaya terjalin komunikasi antara anak dengan orangtua, adanya hubungan sosial dan emosional selalu harmonis.

Baca: Warga Mengeluh Siring di Jalan Ikan Kapasan Ditutup Bikin Banjir Lingkungan

"Terkadang hal sepele masalah makan bersama, tetapi ini merupakan hal yang sangat penting didalam keluarga. Selain itu setelah makan bersama orangtua melakukan pendampingan terhadap putra-putrinya untuk belajar, mengarahkan putra-putrinya dan membimbing selalu untuk giat belajar," ujarnya, Rabu (17/10).

Orang tua/wali murid, menurut dia, untuk bersama-sama menanamkan Sikap atau Karakter kepada anaknya. Dengan menumbuhkan Karakter sejak usia dini dapat membentuk kebiasaan anak. Karakter sangat erat hubungannya dengan akhlak dan budi pekerti, artinya karakter dapat dimaknai sebagai moral atau etika dalam bertingkah laku.

"Contoh nilai karakter yang harus ditanamkan pada anak kita ; Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli social, tanggungjawab," ujarnya.

Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved