Tribun Bandar Lampung

Loloskan 2 Partai Tak Penuhi Kuota 30 Persen Perempuan, KPU Lampung Utara Disidang

Ada dua daerah pemilihan (dapil) di Lampung Utara untuk dua partai yang tidak memenuhi kuota perempuan 30 persen namun lolos dalam DCT.

Loloskan 2 Partai Tak Penuhi Kuota 30 Persen Perempuan, KPU Lampung Utara Disidang
Tribun Lampung/Beni Yulianto
Bawaslu Lampung menggelar sidang perkara dugaan pelanggaran administratif yang dilakukan KPU Lampung Utara dalam penetapan daftar calon tetap (DCT), di kantor Sentra Gakkumdu, Bandar Lampung, Kamis, 25 Oktober 2018. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Beni Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung mulai menyidangkan perkara dugaan pelanggaran administratif yang dilakukan KPU Lampung Utara dalam penetapan daftar calon tetap (DCT).

Dari temuan Bawaslu, ada dua daerah pemilihan (dapil) di Lampung Utara untuk dua partai yang tidak memenuhi kuota perempuan 30 persen namun lolos dalam DCT.

Dalam sidang pendahuluan di kantor Sentra Gakkumdu, Bandar Lampung, Kamis, 25 Oktober 2018, diputuskan sidang bisa dilanjutkan dalam pemeriksaan.

Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah mengatakan, sidang akan dilanjutkan pada Jumat, 25 Oktober 2018, dengan agenda pemeriksaan.

Baca: Semula Terdaftar di DCS, Caleg PDIP Totok Familu Bingung Namanya Tak Ada di DCT

“Temuan dugaan pelanggaran administratif KPU Lampung Utara terhadap penetapan DCT, untuk Partai Berkarya dan PBB, ada dua dapil. PBB dapil 2, Berkarya dapil 4. Kuota 30 persen perempuannya kurang. Hari ini pemeriksaan. Pembacaan putusan pendahuluan, diputuskan bahwa temuan itu bisa diterusan dalam sidang pemeriksaan,” kata Khoir kepada awak media seusai memimpin sidang.

Dalam sidang lanjutan, Jumat, 26 Oktober 2018, Bawaslu akan menghadirkan penyelenggara pemilu di Lampura.

“Besok Jumat kita mulai lakukan sidang pemeriksaan, menghadirkan KPU, pengawas pemilu, dan parpol,” pungkasnya.

Baca: Alhajar Syahyan Akhirnya Sah Masuk DCT Pileg 2019

KPU Lampung sebelumnya sudah melakukan klarifikasi KPU Lampung Utara atas kelalaian ini.

Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono mengatakan, hasil klarifikasi mereka dibutuhkan penyegaran, khususnya divisi pencalonan KPU Lampung Utara.

“Kelalaian dalam mengumumkan DCT, kita berikan peringatan. Kemudian pada divisi pencalonannya kita sarankan perlu ada penyegaran,” kata Nanang. (*)

Penulis: Beni Yulianto
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved