Public Service

Drainase Buruk Berdampak Pada Kerusakan Jalan?

Saya mau tanya seberapa pentingkah fungsi drainase pada pembangunan jalan. Apakah pembangunan drainase buruk dapat berdampak pada kerusakan jalan?

Drainase Buruk Berdampak Pada Kerusakan Jalan?
Tribunlampung
Ilustrasi - drainase mampet di Way Dadi 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Ahmad Sholichin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Saya mau tanya seberapa pentingkah fungsi drainase pada pembangunan jalan. Apakah pembangunan drainase buruk dapat berdampak pada kerusakan jalan? Terimakasih atas penjelasannya.

Pengirim: +6281279638xxx

Jadi Salah Satu Penyebab

Keuntungan Jadi TKI/TKW Lewat Jalur Legal

Penyebab Nyeri Dada Setelah Makan

KAMI jelaskan bahwa drainase yang buruk menjadi salah satu penyebab membuat jalan mudah rusak. Karena jika siringnya tidak benar dan kemiringan jalan tidak bagus maka bisa membuat air menjadi tergenang di badan jalan yang akhirnya bekontribusi pada kerusakan jalan.

Sebab, jalan dengan jenis perkerasan aspal akan cepat mengalami kerusakan dibandingkan dengan jalan berbahan beton karena bahan jalan aspal paling tidak bisa bertemu dengan air.

Jadi kalau air menggenang di badan jalan aspal dan sistem drainase jalan buruk pasti jalan aspal akan mengalami kerusakan.

Tidak seperti sekarang ini karena setiap pembangunan badan jalan ternyata tidak disertai dengan pembangunan sistem drainase jalan.

Padahal sebenarnya harus satu paket antara kedua hal tersebut karena kalau tidak satu paket maka akan terjadi porositas yang menyebabkan kerusakan pada badan jalan karena ada pembangunan yang tidak komperhensif sehingga muncul gompelan pada badan jalan yang menyebabkan air mudah masuk yang mengakibatkan kerusakan jalan.

IB Ilham Malik
Dosen Teknik Sipil Universitas Bandar Lampung (UBL)

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved