Penghuninya Cantik dan Gagah tapi Bikin Merinding, Kisah Misteri Kota Gaib Saranjana di Kalimantan

Menguak Misteri Gaib Kota Saranjana di Kalimantan, Penghuninya Cantik dan Gagah tapi Bikin Merinding

Penghuninya Cantik dan Gagah tapi Bikin Merinding, Kisah Misteri Kota Gaib Saranjana di Kalimantan
BOBO
Kota gaib Saranjana yang terletak di Kotabaru, Kalimantan Selatan 

Menguak Misteri Gaib Kota Saranjana di Kalimantan, Penghuninya Cantik dan Gagah tapi Bikin Merinding

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Kota Saranjana kembali menjadi buah bibir dan ramai diperbincangkan netizen. Kota ini disebut-sebut sebagai sebuah kota gaib dan misterius yang terletak di wilayah Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Bagi masyarakat setempat, nama Saranjana mungkin sudah melegenda sejak puluhan tahun lalu. Namun bagi orang yang tinggal jauh dari Kalimantan, nama Saranjana masih cukup asing.

Warga setempat meyakini jika kota tersebut adalah sebuah kota gaib yang maju. Secara nyata, Saranjana diyakini berada di Desa Oka-Oka, Kecamatan Pulau Laut Kelautan, Kotabaru.

Beberapa orang menyebutkan, di kota tersebut banyak terdapat gedung tinggi, mobil, warung, serta penghuni yang terdiri dari pria dan wanita.

Cerita yang beredar menyebutkan, penduduk Saranjana lebih cantik, tampan dan juga gagah.

Namun, itu semua hanyalah gaib, karena Saranjana yang sebenarnya adalah sebuah bukit yang ditumbuhi pepohonan, yang langsung bersebelahan dengan laut.

Saat ini, nama kota Saranjana tak ada dalam peta. Namun di tahun 1845, seorang naturalis asal Jerman, Salomon Muller, membuat peta berjudul "Kaart van de Kust-en Binnenlanden van Banjermasing behoorende tot de Reize in het zuidelijke gedelte van Borneo" (peta wilayah pesisir dan pedalaman Borneo), yang mengambarkan sebuah wilayah bernama Tandjong (hoek) Serandjana.

Tanjung ini terletak di sebelah selatan Pulau Laut, berbatasan dengan wilayah Pulau Kerumputan dan Pulau Kidjang.

Sumber lain yang menjelaskan tentang Saranjana adalah Pieter Johannes Veth, dalam "Aardrijkskundig en statistisch woordenboek van Nederlandsch Indie: bewerkt naar de jongste en beste berigten", halaman 252.

Halaman
1234
Penulis: heri
Editor: Teguh Prasetyo
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved