Kapan Waktu yang Tepat Lakukan Puasa Syawal?

“Yang lebih utama adalah memulai puasa Syawal sehari setelah Idul Fithri. Ini demi kesempurnaan dan menggapai keutamaan."

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Assalamualaikum Wr. Wb. Yth. MUI Lampung, Saya mau bertanya di hari yang keberapa/mulai tanggal berapa setelah 1 Syawal (idul fitri) disunahkan puasa syawal dan berapa hari lamanya? Terima kasih atas penjelasannya.

Pengirim: +6285783492xxx

Dilaksanakan Selama Enam Hari

Dari Abu Ayyub Al Anshori, Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim no. 1164)

Sementara, Syaikh Muhammad bin Rosyid Al Ghofiliy berkata,

Hal ini supaya mendapatkan keutamaan puasa segera mungkin sebagaimana disebutkan dalam dalil sebelumnya. Namun, sah-sah saja puasa Syawal tidak dilakukan di awal-awal bulan Syawal karena menimbang mashalat yang lebih besar.

Allah SWT berfirman, “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS. Al Baqarah: 286).” (Ahkam Maa Ba’da Ash Shiyam, hal. 167).

Imam Nawawi rahimahullah berkata, ”Para ulama madzhab Syafi'i mengatakan bahwa paling afdhol (utama) melakukan puasa syawal secara berturut-turut sehari setelah salat Idul Fithri.

Namun jika tidak berurutan atau diakhirkan hingga akhir Syawal maka seseorang tetap mendapatkan keutamaan puasa syawal setelah sebelumnya melakukan puasa Ramadan. Karena seperti itu pun disebut menjalankan puasa enam hari Syawal setelah Ramadan.” (Syarh Shahih Muslim, 8: 51)

Ibnu Rajab Al Hambali rahimahullah mengatakan, “Kebanyakan ulama tidak memakruhkan puasa pada tanggal 2 Syawal yaitu sehari setelah Idul Fitri.” (Lathoiful Ma’arif, hal. 385).

Semoga Allah memudahkan kita menjalankan ibadah puasa enam hari di bulan Syawal sehingga dapat meraih keutamaan puasa dalam setahun.

H Mawardi AS
Ketua MUI Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved