Pilkada Way Kanan

KPU Way Kanan: Ansor Berpartisipasi Sukseskan Pilkada

Kami mengapresiasi GP Ansor dan elemen lainnya yang sudah mengutus perwakilan menjadi relawan demokrasi sebagai bentuk konkret mensukseskan pilkada.

KPU Way Kanan: Ansor Berpartisipasi Sukseskan Pilkada
Dok KPU Waykanan
Ketua Alumni Sanlat BPUN Waykanan 2015 Disisi Saidi Fatah (kanan) bersama sejumlah relawan KPU mengikuti kegiatan sosialisasi KPU Waykanan di Kecamatan Kasui beberapa waktu lalu. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, WAYKANAN - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung Iskardo P Panggar di Blambangan Umpu, menilai Gerakan Pemuda Ansor setempat berpartisipasi aktif mensukseskan pemilihanan kepala daerah (Pilkada) dengan menurunkan relawan demokrasi.

"Kita melibatkan elemen kepemudaan, termasuk GP Ansor. Kami mengapresiasi GP Ansor dan elemen lainnya yang sudah mengutus perwakilan menjadi relawan demokrasi sebagai bentuk konkret dalam perannya mensukseskan Pilkada," ujar Iskardo didampingi Komisioner KPU Erwan Bustami, Rabu (21/10).

Tugas utama relawan demokrasi, demikian Iskardo menambahkan, adalah menjadi agen yang tugasnya mensosialisaikan Pilkada kepada masyarakat pemilih sebagai upaya untuk pencapaian target 80 persen partisipasi pemilih.

"Mereka non partisan dan independen, netral, tidak memihak sebagaimana KPU dan jajarannya," ujar Iskardo menggaransi kenetralan institusi, jajaran dan relawan demokrasinya.

PC GP Ansor memberikan amanah kepada Ketua Alumni Sanlat BPUN Waykanan 2015 Disisi Saidi Fatah untuk mendarmabaktikan diri pada organisasi pemuda Nahdlatul Ulama (NU) serta bangsa dengan menjadi relawan demokrasi. Karena itu, demikian Erwan Bustami menambahkan, upaya kecil GP Ansor bisa dikatakan turut mensukseskan Pilkada di Way Kanan.

"Ketika saya ditunjuk menjadi relawan demokrasi perwakilan dari GP Ansor Waykanan saya ikhlas dan merasa sangat gembira karena ini pertama kalinya saya ikut berpartisipasi dalam berdemokrasi dengan KPU dan bisa ikut mensosialisasikan pemilih cerdas untuk Pilkada di daerah ini," ujar Disisi.

Selain menambah ilmu dan wawasan, demikian Disisi melanjutkan, dengan menjadi relawan demokrasi juga menambah persahabatan dengan teman-teman relawan, komisioner, PPK, PPS, dan juga keluarga besar KPU Way Kanan.

"Termasuk menambah jaringan kita. Banyak sekali pelajaran saya dapatkan terutama dalam berdemokrasi dan sosialisasi terjun ke lapangan. Salah satunya ketika sosialisasi ke Kecamatan Kasui, masih banyak warga yang belum tahu atau pura-pura tidak tahu dan bahkan tidak tahu sama sekali pasangan calon bupati dan wakil bupati serta kapan dilaksanakan Pilkada serentak 2015," kata Disisi.

Untuk diketahui, BPUN merupakan program utama dari Yayasan Mata Air. Secara garis besar BPUN berbicara tentang tiga hal: pendidikan, kepemimpinan dan keberagamaan yang ramah. Di Waykanan, program yang diselenggarakan melalui GP Ansor digelar pertama kali pada pertengahan 2015, diikuti 14 alumni pelajar SMA dan meloloskan lima pelajar masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Staf Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Waykanan Listaria mengapresiasi relawan KPU sehubungan bisa mengurangi angka golput dengan terjun ke lapangan memotivasi masyarakat untuk memilih. "Tetap optimistis buat teman-teman relawan dan jaga selalu kenetralan," ujar alumni SMAN1 Blambangan Umpu itu. (*/ang)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved