Erupsi Gunung Rinjani

Sebaran Abu Vulkanik Anak Rinjani Capai 6 Km dari Pusat Letusan

Sebaran abu vulkanik belum sampai ke pemukiman warga atau masih berada di area gunung, yaitu pos 2 Gunung Rinjani.

Sebaran Abu Vulkanik Anak Rinjani Capai 6 Km dari Pusat Letusan
KOMPAS.COM/JONATHAN ADRIAN
Asap Gunung Baru Jari sudah melebihi puncak Gunung Rinjani, Sabtu (7/11/2015) pagi. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MATARAM - Aktivitas vulkanik anak Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat (NTB), masih terus berlanjut. Hingga Minggu (8/11/2015), sebaran abu vulkanik mengarah ke arah Timur dari pusat letusan.

"Hari ini angin mengarah ke timur dengan kecepatan perlahan. Sebaran abu vulkanik mencapai 6 kilometer dari pusat letusan," kata Ketua Pos Pemantauan Gunung Rinjani, Mutaharlin, Minggu.

Ia menjelaskan, sebaran abu vulkanik belum sampai ke pemukiman warga atau masih berada di area gunung, yaitu pos 2 Gunung Rinjani.

Menurut pantauan Pos Pemantau Gunung Rinjani, saat ini aktivitas vulkanik Gunung Barujari yang terletak di dalam Kaldera Gunung Rinjani masih terus berlanjut.

"Aktivitas vulkanik masih berlanjut, letusan-letusan masih menerus, tremor masih menerus. Untuk hari ini dibandingkan kemarin menurun sedikit," kata dia.

Letusan disertai aliran lava pijar masih terus terjadi dengan tinggi rata-rata 1.000-1.400 meter.

Gempa tremor terpantau masih aktif dengan amplitudo maksimal 36. Kondisi ini sedikit menurun jika dibandingkan hari sebelumnya dimana gempa tremor dengan amplitudo mencapai 55.

Ia menambahkan, saat ini status Gunung Rinjani masih tetap sama, yaitu Waspada (Level II). Pihaknya masih akan terus melakukan monitoring terkait aktivitas Gunung Rinjani.

Sementara itu, akibat erupsi Gunung Rinjani, penutupan Bandara Selaparang dan Bandara Internasional Lombok (BIL) diperpanjang hingga Senin (9/11/2015).

Editor: Reny Fitriani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved