Ini Bedanya antara Flu dan Pilek

Pilek disebabkan oleh virus yang menginfeksi dan berkembang dalam faring atau yang biasa disebut sistem pernafasan.

Ini Bedanya antara Flu dan Pilek
net
Ilustrasi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Flu dan pilek menjadi dua hal yang sering muncul di kala musim hukan. Tahukah Mama bahwa terdapat perbedaan antara flu dan pilek? Meski punya gejala serupa, dua penyakit ini punya perbedaan.

Pilek disebabkan oleh virus yang menginfeksi dan berkembang dalam faring atau yang biasa disebut sistem pernafasan. Namun, flu merupakan akibat infeksi virus yang mengenai bagian-bagian tubuh seperti rongga tenggorokan dan paru-paru.

Untuk mengidentifikasi perbedaan keduanya, Mama bisa melihat dari perbedaan gejala yang ditimbulkan. Flu biasanya gejalanya datang secara tiba-tiba. Sementara pilek datang secara perlahan. Jika mengalami flu, si kecil biasanya mengalami demam tinggi.

Sementara pilek jarang diikuti dengan demam. Flu juga memiliki gejala menjadi lebih lelah dan kepala jadi lebih berat.

Flu juga membuat nafsu makan si kecil menjadi turun, sementara pilek biasanya tidak memengaruhi nafsu makan seseorang.

Flu memang punya gejala yang lebih berat dan lebih punya risiko untuk menimbulkan komplikasi. Untuk itu, Mama perlu membawa si kecil ke dokter jika ia sudah mengalami gejala flu mengingat daya tahan tubuhnya yang rentan terkena penyakit lain.

Untuk penyakit pilek, Mama bisa melakukan tindakan sederhana seperti mematikan pendingin ruangan ketika ia sedang tidur. Suhu udara yang terlalu dingin membuat pilek semakin parah.

Memberinya makanan dan minuman hangat juga sangat baik untuk mengobati pilek.Untuk bayi dan balita usahakan tidak terlalu banyak mengonsumsi obat pilek.

Setelah mengetahui perbedaan antara flu dan pilek. Mama harus cermat dalam melihat gejala yang ditimbulkan.

Gejala tersebut sangat berpengaruh terhadap proses penyembuhannya. Jika ada tanda-tanda flu, secepatnya membawa ke dokter agar tidak terjadi komplikasi penyakit yang lain.

Editor: Reny Fitriani
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved