Mudik Lebaran 2016

174.504 Pemudik Seberangi Selat Sunda dari Jawa ke Sumatera pada Mudik 2016

Meski tidak terjadi penumpukan penumpang, sebagian pemudik masih mengeluhkan pelayanan bus usai turun dari kapal di Pelabuhan Bakauheni.

174.504 Pemudik Seberangi Selat Sunda dari Jawa ke Sumatera pada Mudik 2016
TRIBUN LAMPUNG/Dedi Sutomo
Bus di Terminal Penjemputan Pelabuhan Bakauheni, Jumat (8/7/2016). 

Laporan Reporter Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA - Pemudik pejalan kaki di Pelabuhan Bakauheni tercatat sebanyak 174.504 orang selama H-12 hingga H+1 Lebaran 2016.

Jumlah itu meningkat 23 persen dibanding tahun sebelumnya, yakni sebanyak 141.863 orang pemudik.

Meski tidak terjadi penumpukan penumpang, sebagian pemudik masih mengeluhkan pelayanan bus usai turun dari kapal di Pelabuhan Bakauheni.

"Kalau mau jujur, masih banyak bus yang tersedia tidak nyaman untuk dinaiki. Kondisinya sudah tidak layak. Kami pun khawatir. Tapi, kami tidak punya pilihan lain," ungkap Yogi, salah seorang pemudik, Jumat (8/7/2016).

Dirinya pun menilai Pemprov Lampung lamban dalam merespons peningkatan arus mudik Lebaran, yang terus terjadi dalam setiap tahunnya. Seharusnya, langkah peremajaan armada bus sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu.

"Seharusnya ini menjadi perhatian pemerintah. Janganlah keselamatan pemudik saat Lebaran dipertaruhkan. Pemerintah harus tegas dalam mengambil kebijakan," ungkap Kiki, pemudik lainnya.

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Ridwan Hardiansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved