Ibadah Haji 2016

Calon Jemaah Haji Dilarang Bawa Aneka Jimat dan Primbon

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin mengimbau memperhatikan barang yang dibawanya. Ia mengingatkan tujuh hal barang yang dilarang dibawa jemaah haji

Calon Jemaah Haji Dilarang Bawa Aneka Jimat dan Primbon
kemenag.go.id/foto: mch
Jemaah Haji Sudah Tiba di Madinah Calon jemaah haji Indonesia tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin mengimbau memperhatikan barang yang dibawanya. Ia mengingatkan tujuh hal barang yang dilarang dibawa jemaah haji.

Pertama, Menteri Lukman mengimbau jemaah haji tidak membawa barang-barang terlarang seperti narkoba, senjata api, senjata tajam, dan sejenisnya. pengawasan pemerintah Arab Saudi begitu ketat dengan barang-barang tersebut.

Bahkan ancaman hukumannya pun berat bila seseorang diketahui membawa barang terlarang tersebut.
Ancaman hukumannya adalah hukuman mati.

"Apabila membawa obat dari dokter untuk kepentingan pribadi, agar disertakan salinan resep dokter," kata Lukman dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Minggu (14/8/2016).

Kedua, jemaah haji diimbau tidak membawa barang-barang yang berkaitan dengan perbuatan syirik atau sihir, seperti jimat, patung-patung yang berbentuk mahluk hidup, kembang tujuh tujuh rupa atau buku primbon.

Dilarang pula melakukan praktek-praktek sihir dan sejenisnya selama berada di Saudi. "Pelanggaran ketentuan ini dapat terancam hukuman mati," katanya.

Ketiga, Menteri Agama mengimbau jemaah haji tidak menerima titipan apapun dari orang-orang yang tidak dikenal.

Apabila tidak bisa menolaknya karena ada hubungan kekerabatan, pastikan isi titipan dimaksud dihadapan penitip. "Laporkan titipan dimaksud kepada pendamping kloter," ucapnya.

Editor: soni
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved