9 Efek Negatif Jika Anda Tidak Bersihkan Make Up Sebelum Tidur

Walaupun terdengar sangat sepele, lupa membersihkan wajah sebelum tidur, bisa memberikan efek yang lebih besar, ketimbang seprai kotor.

Shutterstock
Ilustrasi. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Sebagai wanita yang penuh dengan kesibukan, pasti Anda pernah lupa membersihkan wajah, akibat terlalu lelah dengan rutinitas sehari-hari.

Setelah lembur, pergi minum dengan beberapa rekan, ataupun perjalanan bisnis yang melelahkan, jangankan bergerak ke kamar mandi untuk membersihkan wajah, sekadar menganti baju saja, Anda sudah tidak memiliki tenaga yang cukup untuk melakukannya.

Walaupun terdengar sangat sepele, lupa membersihkan wajah sebelum tidur, bisa memberikan efek yang lebih besar, ketimbang seprai kotor.

Hal pertama yang paling terasa adalah tumbuhnya jerawat, iritasi wajah, atau penuaan dini.

Menurut seorang dermatolog di New York Samer Jaber, MD, tidur dengan kondisi make up masih menempel pada wajah sangat berbahaya.

Hal itu bisa membuat pori-pori Anda tersumbat, dan kemudian akan menyebabkan jerawat, kulit kering, dan iritasi.

Kulit Anda memerlukan waktu tidur untuk mengembalikan keremajaan kulit, dari debu atau pun sengatan matahari, dan untuk meregenerasi sel di kulit.

Dengan membiarkan make up menempel di wajah, proses pengelupasan kulit dan peremajaan kulit akan terhambat.

Walaupun beberapa kosmetik sudah diciptakan agar ramah untuk kulit, meninggalkan make up semalaman bisa berbahaya bagi kulit.

Tidur dengan make up yang menempel pada wajah, juga dapat merusak daerah yang paling sensitif dari wajah, yaitu mata.

Halaman
12
Editor: Ridwan Hardiansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved